Rabu, 25 Juni 2008

Pesona Wisata


PESONA WISATA

Pantai Sanur


Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ini letaknya adalah persis di sebelah timur kota Denpasar, ibukota Bali. Sanur berada di kabupaten Badung.

Sanur saat Sunset

Pantai Sanur terutama adalah lokasi untuk berselancar (surfing). Terutama ombak pantai Sanur sudah termasyhur di antara para wisatawan mancanegara. Tak jauh lepas Pantai Sanur terdapat juga lokasi wisata selam dan snorkeling. Oleh karena kondisinya yang ramah, lokasi selam ini dapat digunakan oleh para penyelam dari semua tingkatan keahlian.

Pantai Sanur juga dikenal sebagai Sunrise beach (pantai matahari terbit) sebagai lawan dari Pantai Kuta.

Pulau Bunaken

Taman laut Bunaken dilihat dari dalam perahu katamaran
Taman laut Bunaken dilihat dari dalam perahu katamaran
Taman laut Bunaken dilihat dari dalam perahu katamaran
Taman laut Bunaken dilihat dari dalam perahu katamaran
Pantai pulau Bunaken
Pantai pulau Bunaken

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Kelautan Manado Tua. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektar dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 75.265 hektar, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Pulau Nusa Penida

Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

Langsung ke: navigasi, cari

Pulau Nusa Penida adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yaitu Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Nusa Lembongan. Perairan pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan selamnya diantaranya terdapat di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point.

Pulau Nusa Penida dapat dijangkau dari Sanur dengan tarif penyeberangan sebesar Rp. 23.000 per orang, dari Kusamba dengan tarif sebesar Rp. 15.000 per orang. Sedangkan jika melalui pelabuhan Padang Bai sebesar Rp. 18.500 per orang dengan perahu.

Nusa Penida merupakan daerah kering dengan tekstur tanah berkapur. Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani, nelayan dan buruh, dan lainnya sebagai pedagang.

Perkembangan sektor pariwisata masih didominasi di Nusa Lembongan, sedang di Pulau Nusa Penida masih belum berkembang sama sekali, hanya terlihat aktivitas snorkeling dan diving.

Pulau Panaitan

Peta letak Pulau Panaitan
Peta letak Pulau Panaitan

Panaitan, adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah barat Laut Jawa, dekat Ujung Kulon. Antara Pulau Panaitan dan Pulau Jawa dibatasi oleh Selat Panaitan. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten.

Bukit-bukit di Panaitan diselimuti oleh hutan dan berbagai macam hewan liar, seperti rusa, babi hutan, monyet, ular phyton dan burung-burung. Beberapa jenis buaya air tawar dan kadal raksasa juga bisa ditemui disini. Salah satu bukit tinggi dikenal sebagai Gunung Raksaa, dimana ditemui patung-patung Hindu purba di puncaknya.

Garis pantai Pulau Panaitan yang dihiasi dengan pantai pasir yang luas secara alami menciptakan beberapa lokasi wisata selam scuba untuk menikmati terumbu karang dan menciptakan gelombang ombak yang hebat untuk para peselancar. Salah satu tempat penyelaman yang terkenal di tempat ini adalah terumbu karang Batu Pitak dekat Legon Butun. Namun, karena kuatnya arus dan faktor-faktor alam lainnya, menyelam di sekitar Pulau Panaitan tidak direkomendasikan untuk penyelam pemula.

Tulamben

Tulamben adalah sebuah kota kecil di pesisir timur laut Pulau Bali. Kota ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman yang terkenal di Bali, terutama di sekitar lokasi karam kapal USAT Liberty Glo (sebuah kapal angkut tentara angkatan darat Amerika Serikat yang tenggelam setelah ditorpedo oleh kapal selam Jepang di tahun 1942).

Lokasi penyelaman ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman termudah untuk menikmati pemandangan bawah laut di sekitar kapal karam. Penyelam dari semua tingkatan keahlian bisa melakukan penyelaman di tempat ini. Lokasi ini bisa dicapai langsung dari bibir pantai dan terletak sekitar 25 meter dari pesisir, dengan kedalaman antara 5 meter hingga 30 meter di bawah permukaan laut.

Tingkatkan Kunjungan Turis Afrika ke Bali

Jakarta (Bali Post) -
Ekspedisi Kapal Borobudur yang menempuh perjalanan napak tilas Rute Kayumanis dari Indonesia ke Afrika Barat melalui Samudera Hindia, ternyata berdampak positif bagi perkembangan pariwisata Indonesia. Biro Perjalanan Wisata Afrika termotivasi meningkatkan arus kunjungan turis Afrika untuk berlibur ke Indonesia, terutama Bali sebagai destinasi yang paling banyak digemari.

Demikian penjelasan Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata I Gde Ardika pada teleconference dengan wartawan di Gedung Kementerian Budpar Jakarta, Senin (29/12). ''Sebenarnya, ekspedisi ini punya misi utama adalah budaya, dan perdamaian. Namun, pariwisata ternyata juga tidak bisa lepas dari misi itu. Kita mendapat sambutan luar biasa di Madagaskar dan negara di Afrika Selatan,'' ungkap Ardika.

Menteri Ardika saat ini berada di Mossel Bay Afrika untuk memberi semangat dan dorongan bagi pelaut Indonesia yang dinakhodai Kapten Laut I Gusti Putu Ngurah Sedana yang membawa 14 awak kapal dari Indonesia, Inggris dan Australia. Setelah menempuh perjalanan selama tiga bulan, rombongan ekspedisi akan menuju Cape Town dan finis di Ghana, Afrika Barat yang akan ditempuh sebulan lebih dari Moseel Bay.

Dijelaskannya, saat berlabuh di Madagaskar, Tim Indonesia mengadakan pertunjukan misi kebudayaan, pertemuan bilateral, juga menggelar Travel Mart yang diikuti delapan BPW dan industri perhotelan dari Bali, Jakarta dan Bandung. Travel Mart ini ternyata mendapat sambutan hangat dari 22 BPW Afrika sebagai buyers.

''Hasil dari travel mart ada yang melakukan penjajakan, menjalin kerja sama sekaligus banyak yang mengadakan transaksi untuk perjalanan wisata tahun 2004 mendatang. Ini merupakan awal penjajakan yang bagus, dan diharapkan di masa mendatang bisa meningkatkan kunjungan turis Afrika ke Indonesia,'' harapnya.

Deputi bidang Pemasaran Budpar Udin Syarifuddin mengaku hasil travel mart di Madagaskar sangat menguntungkan bagi pariwisata Indonesia. Mengingat, sudah ada deal-deal dari BPW Afrika untuk membeli pariwisata Indonesia. ''Turis Afrika ini lebih suka dengan destinasi yang berbeda dengan pariwisata yang ada di negaranya seperti wisata budaya, natural, shopping dan pantai. Karena itu, Bali sebagai destinasi yang paling banyak diminati wisatawan asal Afrika,'' jelasnya.

Diakuinya, wisatawan asal Afrika merupakan negara yang potensial bagi industri pariwisata Indonesia. Namun, selama ini data kunjungan turis Afrika ke Indonesia masih sangat sedikit sekitar 200.000 sampai 300.000 orang per tahun. Hal ini dikarenakan adanya pembatasan visa bagi wisatawan Afrika yang datang ke Indonesia, sehingga pihak Afrika menutup diri.

''Namun kini aturan sudah berubah, sehingga diharapkan ada perubahan jumlah kunjungan wisatawan untuk datang ke Indonesia. Kami optimis karena sekitar 400.000 penduduk Madagaskar saja, misalnya, merupakan keturunan Indonesia, sehingga mereka ingin melihat kondisi Indonesia,'' tambahnya.


Afrika Selatan, Negara Makmur di Kawasan Afrika

PANTAS saja jika dahulu orang kulit putih Eropa berlomba-lomba menguasai Afrika Selatan. Mula-mula pelaut Portugis datang pada akhir abad 15, disusul kedatangan orang-orang Belanda pada awal abad 17. Bahkan, orang-orang Belanda kemudian mendirikan permukiman dan mengembangkan usaha perdagangan.

SEJAK itu, Afrika Selatan kedatangan orang-orang kulit putih dari Jerman, Perancis, dan Inggris yang juga mendirikan permukiman. Wilayah seluas sekitar 1,2 juta kilometer persegi ini bukan cuma kaya sumber daya alam, tetapi iklimnya moderat (dibandingkan dengan iklim di negara Eropa), lagi alamnya sangat indah.

Bicara burung saja, negara ini mengklaim mempunyai 900 spesies burung atau merupakan 10 persen dari variasi jenis burung yang ada di muka bumi. Di Semenanjung Cape, spesies tanaman per hektar merupakan yang terlengkap dibandingkan dengan tempat lain di mana pun.

Pantai di Afrika Selatan bukan cuma panjang (3.000 kilometer), tetapi-seperti ditulis oleh National Geographic-isi lautnya merupakan salah satu yang terkaya di dunia.

Afrika Selatan yang berpenduduk sekitar 44 juta jiwa mempunyai kekayaan bumi mulai dari batu bara, emas, perak, uranium, biji besi, nikel, tembaga, platinum, timah, hingga kromium. Jika orang menyebut Afrika Selatan, pasti akan langsung mengaitkan dengan berlian. Negara ini merupakan penghasil emas nomor satu di dunia, hampir 70 persen emas dunia dihasilkan dari negara ini.

Sementara alamnya begitu memesona, dilengkapi dengan flora dan faunanya yang sangat bervariasi. "Kami punya berbagai jenis buah pisang seperti yang Anda miliki di Indonesia," ucap Tshidiso Ranamane, pegawai Departemen Luar Negeri Afrika Selatan yang pernah empat tahun ditempatkan di Jakarta.

Selain pisang, Afrika Selatan juga mempunyai berjenis-jenis mangga, pepaya, jambu, nanas, semangka, melon, dan lain-lain buah yang tak tumbuh di wilayah empat musim seperti Eropa.

Untuk anggur, Afrika Selatan adalah tempat di mana anggur tumbuh dengan baik sehingga industri minuman anggur sangat berkembang dan merupakan salah satu komoditas ekspor.

Dengan pendapatan per kapita lebih dari 3.000 dollar AS, Afrika Selatan merupakan negara termakmur di antara 52 negara yang ada di benua Afrika saat ini. Malah, untuk beberapa hal, keadaan ekonomi Afrika Selatan kontras dengan sejumlah negara Afrika yang masih terbelit masalah kelaparan dan kemiskinan.

Pembangunan Afrika Selatan sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Paling tidak inilah fakta yang dirasakan Dubes RI untuk Afrika Selatan Abdul Nasier. "Pembangunan infrastruktur dilakukan di mana-mana. Industri dikembangkan di kota-kota besar. Pelabuhan laut sangat bisa diandalkan. Termasuk Bandara Johannesburg ini sangat modern, lagi sekarang lalu lintasnya sangat padat," demikian Abdul Nasier menggambarkan pembangunan di Afrika Selatan.

Mata uang rand terus menguat lebih dari 40 persen dibandingkan dengan tahun 1998 ketika krisis ekonomi melanda banyak negara Asia. Dalam setahun, ekspor mobil BMW, Daimler Chrysler, VW meningkat sampai 140.000 per tahun. Dengan pendapatan 15 miliar rand (satu rand = Rp 1.500) pada tahun 2002, pendapatan dari industri mobil merupakan ketiga terbesar setelah ekspor yang didapat dari pertambangan dan pertanian.

Namun, masih banyak orang yang bertanya-tanya tentang Afrika Selatan. "Persepsi banyak orang Indonesia terhadap Afrika Selatan pun sering rancu, sering kali menganggap Afrika Selatan sama dengan negara-negara miskin Afrika," kata Bali Moniaga, Direktur Afrika, Departemen Luar Negeri.

Hal senada ditangkap Ranamane yang sering kali harus menjelaskan kepada orang Indonesia tentang negerinya saat dia bertugas di Indonesia. Untungnya ada nama Nelson Mandela yang tampaknya jauh lebih dikenal daripada negara Afrika Selatan itu sendiri.

"Anda lihat kan, Afrika Selatan makmur dan maju. Dalam hal ketatanegaraan, kami juga sudah membangun sistem demokrasi meski dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya kami baru 10 tahun memulai pemilihan umum," kata Ranamane yang berkulit hitam.

Dia mengaku iri dengan negara maju seperti Australia, Selandia Baru, Amerika, dan negara-negara Eropa lainnya yang bisa mengekspor banyak komoditas masuk ke Indonesia. Padahal, demikian Ranamane, daging sapi atau buah, misalnya, produk Afrika Selatan tak kalah mutunya dari negara-negara tersebut. "Lagi saya heran, saya pun tak mampu membeli daging impor di Jakarta. Begitu mahal," ujar Ranamane lagi.

Saling tak kenal

Rupanya bukan hanya masyarakat Indonesia yang kurang mengenal Afrika Selatan. Sebaliknya, banyak warga Afrika Selatan tak tahu tentang Indonesia sehingga pertanyaan-pertanyaan seperti letak Indonesia, besar wilayah, jumlah penduduk, dan lain-lain masih sering ditanyakan. "Masih berapa lama ke Indonesia dari Bangkok? Iklimnya bagaimana?" tanya seorang pegawai pemerintahan dalam sebuah jamuan yang diadakan oleh Menteri Luar Negeri Afrika Selatan di Vergelegen, pertengahan Februari lalu.

Karl, seorang pemandu wisata di Durban, seperti menebak-nebak seperti apa Indonesia, seberapa luas wilayah Indonesia, serta apa yang dilakukan orang untuk hidup di Indonesia. Sementara Anne-Lies Fischer dengan nada sopan menanyakan ada tidaknya transportasi kereta api di Indonesia.

Untuk zaman yang sudah demikian mengglobal, memang pertanyaan-pertanyaan seperti itu menjadi terasa lebih mengganggu. Kalau sudah begitu, rasanya ungkapan yang mengatakan dunia tak lagi berjarak menjadi tak berlaku.

Padahal, hubungan RI-Afrika Selatan sudah terjalin baik sejak tahun 1994 ketika kedua negara menandatangani komunike bersama pembukaan hubungan diplomatik. Secara politis, Indonesia ikut mendukung perjuangan ANC, partai yang dulu dipimpin Mandela, untuk menentang apartheid.

Sejak zaman Presiden Soeharto, Abdurrahman Wahid sampai Megawati Soekarnoputri, kunjungan ke Afrika Selatan sudah pernah dilakukan. Begitu sebaliknya, Nelson Mandela setidaknya dua kali ke Indonesia, yakni ketika masih menjadi presiden (1997) dan setelah tak menjadi presiden (2002).

Bergantian sejumlah pejabat kedua negara juga saling berkunjung. Yang terakhir, Menteri Luar Negeri Afrika Selatan berkunjung ke Indonesia pada Desember 2004.

Promosi wisata

Afrika Selatan tampaknya sangat percaya diri dengan kemajuan yang dicapai saat ini. Wali Kota Durban Obed Mlaba dengan bangga memaparkan tentang berbagai fasilitas yang terdapat di wilayah yang dipimpinnya.

"Kami mempunyai pelabuhan laut terbesar, kami merupakan salah satu dari enam kota metropolitan di Afrika Selatan. Kami mempunyai conference centre yang bisa menampung 5.000 orang. Investasi kami makin hari makin meningkat," jelas Mlaba ketika ditemui di kantornya yang berarsitektur abad pertengahan di Durban.

Mlaba, sebagai wali kota pilihan warga, mengungkapkan kemajuan kotanya yang berpenduduk sekitar empat juta jiwa, sekaligus problem yang dihadapi sebagai kota besar. Pengangguran dan perumahan merupakan isu paling utama yang harus diselesaikannya. Sebanyak 17.000 rumah telah dibangun tiap tahunnya oleh pemerintah.

Untuk mengatasi masalah pengangguran yang masih cukup tinggi, 28 persen, ia dan timnya memfokuskan pada pengembangan bisnis kecil. Diakui, kesenjangan masih juga merupakan persoalan. "Toh, kami baru 10 tahun merdeka dalam arti yang sesungguhnya. Masih perlu waktu lagi untuk membuat keseimbangan karena kami 300 tahun di bawah koloni dan lebih dari 40 tahun dalam rezim apartheid," kata wali kota berkulit hitam ini didampingi oleh manajer kota yang berkulit putih.

Namun, dia optimistis, masa depan ekonomi Afrika Selatan akan semakin membaik jika keadaan politik dan keamanan negara itu terus membaik. Karena itu, dia terus melakukan promosi wisata sehingga Durban saja setiap tahun kedatangan enam juta wisatawan.

Yang membuatnya penasaran, "karena sebagian turis yang datang masih merupakan turis lokal. Kami ingin lebih banyak lagi orang asing yang datang."

Di lain tempat, upaya mempromosikan wisata terasa lebih gencar. Rak-rak leaflet sangat mudah ditemui di setiap hotel, entah di Cape Town, Port Elizabeth, Johannesburg, sampai di kota-kota kecil seperti Knysna, misalnya. Juga di pusat-pusat perbelanjaan besar, mudah sekali diperoleh informasi tawaran wisata melalui kantor pusat informasi turis.

Anda bisa jadi akan terperanjat jika pergi ke Afrika Selatan, seperti pernah diungkapkan seorang turis asal Inggris. "Saya datang ke Afrika Selatan untuk melihat pantai-pantai, table mountain, dan petualangan safari. Semua terlampiaskan seperti yang saya bayangkan. Tetapi, saya tidak pernah membayangkan bahwa saya ternyata jatuh hati dengan masyarakat di Afrika Selatan. Dengan kehangatan dan rasa persahabatan mereka. Karena itu, saya ingin datang kembali sesering mungkin." (RETno bintarti)


IRLANDIA


IRLANDIA Utara. Mendengar nama ini orang umumnya langsung mengasosiasikan sebagai daerah perang, tempat yang selalu bergejolak, tidak aman, dan sebutan lain yang berkonotasi negatif. Belfast dan daerah lain di Irlandia Utara memang susah dilepaskan dari sejarah kekerasan masa silamnya yang buram.

EMPAT hari menyusuri kota-kota di Irlandia Utara yang berpenduduk sekitar tiga juta jiwa, saya justru menemukan gambaran berbeda dari stereotip yang selama ini melekat. Irlandia Utara adalah negeri yang sangat indah, tenang, dan penduduknya sangat ramah. Mereka, orang Irish, sebutan orang Irlandia, akan ramah menyapa kita dan mencoba mencari tahu dari mana kita berasal. Obrolan hangat dan bersahabat akan segera meluncur dari mereka.

Saya mengitari negeri itu pada saat musim panas. Banyak keuntungan yang akan kita dapat dengan berwisata pada musim tersebut. Cuaca akan bersahabat karena banyak sinar matahari sehingga perjalanan akan menyenangkan karena pemandangan daerah pedesaan, gunung, pantai, dan alam pedesaan tampak lebih hidup dan berwarna dan suhu pun lebih hangat. Selain itu, pada musim panas banyak pilihan transportasi dengan harga promosi khusus. Beberapa bus dioperasikan melalui jalur yang tidak dilalui pada musim gugur atau musim dingin.

Pilihan pertama saya adalah membeli tiket kereta api perjalanan satu hari seharga 4 poundsterling (Rp 56 ribu) yang berlaku sehari, ke mana pun kita pergi asal masih dalam batas teritorial Irlandia Utara. Secara geografis, Irlandia Utara tidaklah terlalu luas maka membeli tiket terusan ini sangat pas karena bisa mengunjungi banyak tempat dalam waktu sehari.

Saya memulai perjalanan dari Stasiun Belfast Central, menuju ke arah utara karena di ujung pulau ini pemandangannya terkenal sangat indah, yakni daerah Antrim Coast. Sepanjang perjalanan melewati daerah pedesaan, di banyak ladang pertanian tampak ribuan biri-biri dan domba yang dibiarkan lepas di alam bebas sehingga dari kejauhan terlihat seperti titik-titik putih kecil di tengah hijaunya pohon. Di beberapa bagian pantai juga terlihat banyak karang terjal menjorok ke laut, mengingatkan kita akan klip video kelompok penyanyi boys-band asal Irlandia Westlife saat menembangkan lagu My Love.

KOTA wisata pertama yang saya kunjungi adalah Portrush, kota kecil yang bersebelahan dengan Portstewart. Dua tempat ini adalah resor wisata pantai yang sangat terkenal di Irlandia Utara. Turun dari kereta api, kita langsung disambut suara deburan ombak dan angin laut yang segar. Stasiun KA tepat terletak di jantung keramaian Portrush dan ada di pinggir pantai.

Portrush terletak di semenanjung dan mempunyai bentangan pantai di kedua sisinya. Di sisi kanan terdapat marina yang cukup luas. Tiang layar aneka kapal pesiar berbagai ukuran dan warna mempercantik wajah kota kecil Portrush. Di sebelahnya pantai berpasir putih yang landai. Dengan ombak kecil dan air yang biru bersih tempat ini sangat pas untuk bersantai sambil menikmati es krim.

Sebagai obyek wisata yang mempunyai bentangan pantai berpasir putih memanjang, Portrush dan Portstewart mengingatkan pada pantai Kuta di Bali. Kita bisa bersantai di pasir sambil menikmati matahari terbenam. Bedanya, pasir pantai di daerah ini lebih padat dan bisa dilalui kendaraan sehingga wisatawan bisa menyetir mobil di sepanjang pantai. Di Portrush dan Portstewart kita juga tidak bisa mandi di laut karena airnya sangat dingin, bahkan pada musim panas sekalipun. Bagi kita yang berasal dari negeri tropis, kalaupun nekat paling-paling hanya akan bertahan lima menit di air.

Sebagai daerah wisata, pilihan akomodasi lebih beragam dari yang kelasnya hostel sampai yang berbintang. Bahkan, aroma komersial di daerah ini sangat pekat. Bangunan kastil milik kalangan bangsawan tempo dulu pun diubah menjadi hotel berbintang. Aneka hiburan juga tersedia di tempat ini mulai dari rollercoaster, permainan ketangkasan, sampai hiburan malam. Aneka toko cenderamata yang menjual suvenir khas Irlandia, seperti seruling khas Irlandia, gantungan kunci, atau gelas kecil untuk minum wiski memadati sisi kanan jalan.

Pilihan naik bus juga tidak kalah menariknya. Ada beberapa bus yang khusus beroperasi hanya pada musim panas dan melalui daerah wisata di Irlandia Utara dengan harga diskon pula. Antrim Coaster, bus nomor 525 yang melayani trayek Belfast-Coleraine pulang-pergi melewati daerah pesisir timur laut Irlandia Utara yang sangat indah, harga tiketnya cuma 9,5 pound (Rp 133.000).

Dari ibu kota, Belfast, bus bergerak ke Carrickfergus. Salah satu kota kecil tertua di Irlandia Utara ini sangat terkenal dengan kastil Anglo-Norman yang terjaga keasliannya. Keberadaan kastil sangat mendominasi kota pelabuhan ini. Untuk memasuki kastil ini wisatawan membayar karcis seharga 5 pound. Di tempat ini kita bisa melihat alat pertahanan seperti meriam dan ruang jaga yang dilengkapi teropong jauh. Dari arsitektur bangunan ini kita akan cepat tahu bahwa tempat ini adalah benteng pertahanan Carickfergus dari serangan musuh pada zaman dulu.

Melaju ke utara kita akan melewati beberapa kota kecil yang sama cantiknya, Carnlough, Cushendall dan Cushendun. Ketiga kota ini sama-sama kota kecil pinggir laut. Di kota-kota itu banyak rumah dan pub berarsitektur kuno khas Irlandia. Menyempatkan mampir ke pub juga menjadi keasyikan tersendiri. Selain bisa menikmati bir hitam Guiness (bir kebanggaan rakyat Irlandia) dengan harga terjangkau, pengunjung juga bisa menikmati musik Irlandia yang didominasi alat musik biola dan suling yang dimainkan band-band lokal. Suasana pub sangat bersahabat karena orang-orangnya sangat ramah menyapa.

Tidak seberapa jauh dari Cushendun, kita bisa mampir ke Ballycastle. Kota kecil ini merupakan salah satu resor tepi pantai yang sangat atraktif, kota kecil yang elok dan tenang. Tempat ini juga merupakan titik awal menuju Giant Causeway yang merupakan salah satu highlight perjalanan wisata ke Antrim Coast.

Giant Causeway adalah daerah pantai dengan batu karang yang sangat spesifik dan mungkin satu-satunya di dunia. Batu-batu karang ini berbentuk heksagonal yang tertata rapi seperti dengan sengaja disusun, padahal ini merupakan proses alam. Dari catatan yang ada setidaknya ada sekitar 38 ribu batu karang berbentuk heksagonal. Daerah ini oleh para pelaku wisata dijadikan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi wisatawan yang pergi ke Irlandia Utara. Ribuan wisatawan tumpah ke pantai ini pada musim panas untuk melihat formasi yang misterius batu-batuan yang mempunyai legenda tersendiri ini.

Masih soal keindahan kota-kota pantai di Irlandia Utara kita bisa mengunjungi Bangor dan Newcastle di bagian timur dan selatan ibu kota. Sebagai waterfront town, Bangor sangat indah dengan pemandangan kapal pesiar berbagai ukuran bersandar di marina yang tertata apik sementara di pinggir sisi kiri dan kanan puluhan rumah berarsitektur kuno khas Irlandia yang didominasi warna putih berdiri kokoh di perbukitan.

Perjalanan menuju Bangor dari Belfast dengan menggunakan kereta api tidak kalah menarik. Panorama yang tertampang di depan mata tidak akan membosankan. Jalur kereta yang menyusuri bukit memungkinkan kita bisa melihat Teluk Belfast yang dikenal dengan nama Belfast Lough yang berair biru bersih dan ramai dilalui kapal niaga dan feri yang hendak menuju ke daratan Skotlandia dan Inggris. Sementara di udara tampak pesawat terbang hilir mudik yang siap mendarat di Bandara Belfast City di tepian Teluk Belfast. Di perjalanan ini tampak dengan jelas galangan kapal Belfast tempat kapal legendaris Titanic dibuat awal abad ke-20 lalu.

UNTUK menuju ke kota wisata lainnya, Newcastle, hanya bus satu-satunya sarana transportasi yang ada. Kota yang dicapai selama satu jam dari Belfast ini menawarkan panorama laut dengan pantainya yang menawan.

Berbeda dari tempat lain di Irlandia, Newcastle menawarkan dua pemandangan sekaligus yakni Gunung Mourne dan Teluk Dundrum yang elok. Dari pantai yang berair jernih kita bisa melihat dari kejauhan jalan yang berkelok dan bangunan gereja, pub, pusat hiburan yang berderet rapi, sementara di latar belakang berdiri kokoh Gunung Mourne yang menyisakan banyak legenda.

Selain berwisata pantai, aktivitas lain adalah mendaki ke Gunung Mourne. Kalaupun tidak mau bersusah payah, kita tinggal naik bus untuk naik ke gunung dengan membayar 3 pound. Di lembah Gunung Mourne kita bisa beristirahat di Lembah Sunyi. Sesuai namanya, lembah ini begitu tenang dengan danau yang luas sementara di pinggirnya tumbuh tanaman pinus sehingga pemandangan tampak asri.

Dalam soal keindahan alam, Irlandia Utara masih lebih menarik dibanding daratan Inggris. Dari sisi mana pun kita berkeliling dan jenis transportasi apa pun yang kita pilih yang jelas Irlandia utara menawarkan pengalaman yang menarik dan mengesankan.

(Suharto, Alumnus Staffs University) Sumber : Kompas.com

Panduan Wisata Travel Guide Amsterdam, Belanda

Jika anda memerlukan panduan wisata untuk berjalan-jalan di kota Amsterdam, Belanda, berikut ini adalah informasi yang bisa menjadi panduan untuk anda.

Schipol Airport ; merupakan salah satu dari beberapa airport terbaik di Eropa, jika dinilai dari toko-toko bebas pajak Duty Free. Berbagai macam toko tempat anda berbelanja dapat ditemui di bandar udara internasional Schipol.

Transportasi di Amsterdam; alat transportasi tram sangat terkenal di kota Amsterdam. Hampir semua tram dengan segala jurusan atau arah akan melalui atau melewati stasiun pusat atau yang lebih dikenal dengan Central Station.

Dam Square; merupakan pusat kota Amsterdam. Disinilah tempat para pengunjung kota dapat melihat Royal Palace yang dibangun pada abad 17. Bangunan yang sangat megah dan indah ini masih terpelihara dengan baik. Namun Ratu Kerajaan Belanda tidak lagi tinggal di istana ini.

Kanal & Rumah-Rumah di pinggiran kanal; kota Amsterdam memang terkenal dengan kanalnya.Terdapat lebih dari 500 kanal dengan sistem pengairan yang unik di kota Amsterdam. Kota ini pun dilewati dengan dua kanal utama dimana di pinggiran kanal terdapat rumah-rumah Amsterdam yang sangat unik dan terkenal di dunia.

Museum; jika anda senang mengunjungi museum, Amsterdam lah tempat yang cocok untuk anda. Ada Rijks Museum, Home of Anne Frank, Rembrandthuis, Vincent van Gogh Museum, Museum Madame Tussaud, dan masih banyak lagi museum yang bisa anda kunjungi di kota Amsterdam.

Tempat Pemotongan Berlian; tertarik dengan berlian Eropa? Anda dapat mengunjungi tempat pemotongan berlian di Amsterdam. Disana anda dapat mengikuti tur yang diadakan setiap hari antara jam 9 pagi sampai denga jam 5 sore, untuk melihat bagaimana proses pemotongan berlian.

Shopping Tempat Perbelanjaan; tidak salah jika anda berniat berbelanja di kota Amsterdam. Karena memang disini banyak toko-toko tempat berbelanja dengan berbagai macam jenis barang dan merk terkenal internasional. Letaknya tentulah di pusat kota Amsterdam, sepertinya memang dikhususkan bagi para turis dan wisatawan yang berkunjung ke kota Amsterdam.

Jalan-jalan di Amsterdam

Berlibur ke Belanda bisa jadi pilihan anda tahun ini. Tapi, kota mana yang harus kita kunjungi di Belanda?
ke Amsterdam aja. Nggak perlu pusing dan bingung cari hotel dan tempat wisata. Dapatkan langsung paket murah liburan ke Amsterdam dari Travelocity. Nikmati liburan anda di Amsterdam dengan menginap di hotel favorit pilihan anda, dan nikmati Amsterdam city trip, mengarungi kanal Amsterdam dengan kapal boat, dan berbagai macam hiburan lainnya.


Ingin berlibur ke Eropa dalam jangka waktu panjang dengan harga murah? Cobalah untuk tingga di Holiday Homes atau Holiday Villa yang banyak tersebar di wilayah Eropa.

Dengan menginap atau menyewa holiday homes, kita akan membayar biaya tempat tinggal yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga sewa kamar hotel per malam.

Sebagai contoh, liburan musim panas tahun lalu, kami berkunjung ke negara Belanda, untuk jangka waktu sekitar satu bulan karena kami mengunungi sanak saudara yang berada di Belanda. Jika kami menginap di hotel, kami harus membayar tarif hotel yang per malam berkisar antara 60 - 70 euro untuk hotel yang sesuai dengan kriteria yang kami inginkan.Sebagai informasi, kami berlibur dengan membawa dua anak kami yang masih kecil. Jika dihitung biaya hotel untuk sebulan, berarti kami harus membayar sejitar 1800 atau 2100 euro hanya untuk biaya menginap di hotel. Tetapi kami tidak menginap di hotel, kami menyewa Holiday Home atau Holiday Villa dengan biaya sewa sekitar 750 euro per bulan.

Sebagai informasi Holiday Homes ini dilengkapi dengan 2 buah kamar tidur lengkap dengan 2 tempat tidur di setiap kamar, kamar mandi dilengkapi dengan bath tub, ruang menonton televisi, dapur yang dilengkapi dengan peralatan masak dan peralatan untuk makan serta terdapat halaman kecil di setiap holiday home di area yang kami sewa.

Jadi, anda juga dapat memasak sendiri di rumah yang anda sewa untuk menhemat biaya makan anda selama berlibur di Eropa.

BERBELANJA DI KOTA MILAN, ITALIA

milan_italia_shopping

Banyak orang tahu bahwa kota Milan, italia adalah kota belanja, terutama untuk anda yang gemar berbelanja pakaian ataupun barang-barang bermerk terkenal seperti : Gucci, Versace, Fratelli Rossetti, Prada, Cartier dan masih banyak lagi. Ada beberapa tempat atau pusat perbelanjaan yang terkenal di kota Milan, antara lain : Via Montenapoleone, Via della Spiga, Via Sant'Andrea, Via Manzoni, Via Borgospesso dan Via Santo Spirito.

Bagi anda yang gemar berburu barang bermerk Giorgio Armani, Via Manzoni adalah tempat yang harus anda tuju untuk berbelanja jika anda berkunjung ke Milan. Tempat berbelanja dengan konsep multi-store ini dilengkapi dengan show-roon Armani, cafe tempat anda menikmati asyiknya minum kopi dan snack, dan juga terdapat restoran Jepang dengan nama Restaurant Nobu.

Tetapi jika anda hanya ingin berbelanja di outlet-outlet, di kota Milan pun banyak tersedia. Harg-harga barang yang dijual di outlet biasanya jauh lebih murah jika dibanding dengan harga barang yang di jual di butik-butik ternama. Beberapa tempat untuk berbelanja dengan harga yang relatif murah di antaranya : Corso Vittorio Emanuele, Corso Buenos Aires, Via Torino and Corso di Porta Ticinese. Jka anda memang ingin berbelanja hemat, cobalah untuk datang pada saat toko-toko menggelar diskon harga, yaitu pada bulan Juli dan Januari.

Salah satu primadona tempat wisata Italia yang selalu ramai dikunjungi wisata Eropa. Keindahan alamnya sangat khas berpadu dengan kecantikan budaya kuno Italia yang melegenda.

Mengunjungi Tuscany berarti Anda harus bersiap diri untuk mengunjungi beberapa kota sekaligus. Pisa, Lucca, Viareggio, Florensia, Siena dan Arezzo semuanya pantas dikunjungi saat liburan tiba. Sebelum ke sana mungkin ada baiknya Anda mengatur tujuan lokasi berkunjung.

Menara Miring Yang Sedang Berdandan
Mengunjungi Pisa belum lengkap rasanya bila Anda tidak mengunjungi salah satu keajaiban dunia, menara Pisa di "Piazza dei Miracoli". Sayangnya saat ini menara ini belum bisa dikunjungi oleh para wisatawan karena sedang dalam tahap perbaikan. Anda mungkin hanya dapat mengunjungi katedral terdapat dalam satu kompleks dengan menara Pisa. Anda dapat menggunakan jalur perjalanan yang sangat mungkin Anda lalui seperti rute stasiun kereta lalu menuju Corso Italia untuk sekadar berbelanja. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan Ponte di Mezzo untuk melihat-lihat pemandangan di sekitar sungai Arno. Perjalanan kemudian dilanjutkan kembali ke tempat perbelanjaan lain seperti Borgo Stretto dan diteruskan ke Piazza Cavalieri untuk melihat-lihat bangunan-bangunan yang sangat menarik. Terakhir Anda dapat mampir lagi di menara Pisa dan katedral.

Tips: pergunakan pakaian yang formal dan jangan sekali-sekali Anda mengunjungi katedral (atau gereja-gereja lainnya) hanya dengan menggunakan pakaian untuk pergi ke pantai. Anda juga tidak perlu menggunakan taksi untuk mengunjungi tempat-tempat ini karena transportasi publik dapat mengakses ke tempat-tempat wisata ini.

Hanya Satu Jam
Sekarang masukkan Florensia ke dalam daftar kunjungan Anda. Program liburan Anda. Sempatkan melakukan perjalanan kaki selama 1 jam. Anda dapat memarkirkan mobil Anda di lapangan parkir besar Fortezza da Basso yang terletak 20 menit jauhnya dari pusat sejarah. Bila Anda lebih memilih perjalanan dengan menggunakan bis, Anda dapat berjalan menuju Piazzale dapat melihat kota Florensia dari sudut pandang yang mengagumkan. kubah dom, menara tinggi Palazzo Vecchio dan Ponte Vecchio yang di bangun di atas sungai Arno semuanya tampak sangat menakjubkan. Melewati anak-tangga yang berjumlah ratusan perjalanan kaki dari Ponte Vecchio hingga ke Piazza della Signoria tak mungkin Anda lupakan. Segelas capuccino di cafe-cafe jalanan yang sangat khas bisa Anda nikmati di sela-sela perjalanan Anda lalu teruskan kembali tur ini: Air mancur neptunus, Dom, Galleria dell' Accademia dan pasar Mercato Centrale yang termasuk dalam highlight pariwisata di Tuscany.

Sepatu Buatan Tangan
Bila Anda melakukan perjalanan 40 km menuju selatan dari Florensia dan dari Poggibonsi menuju ke barat, Anda akan tiba di San Gimignano dengan menara-menaranya yang unik. Tidak jauh dari sini pun Anda akan tiba di sebuah bukit indah yang berada di tempat yang lebih tinggi dari kota holterra.

Belanja Gucci dan Benetton
Cukup hanya dalam waktu satu hari saja, Anda dapat berkeliling kota Lucca dan puas akan hasil perjalanan dan belanjaAnda. Untuk menikmati pemandangan kota Lucca dari udara, Anda cukup naik ke Torre Guinigi hanya dengan membayar kurang lebih SOOOLira. Untuk mengelilingi kota ini, Anda cukup dengan mengikuti tembok bersejarah yang berada di kota ini sepanjang 5 Km lalu menuju ke tengah kota. Dari sini Anda disarankan untuk ke Piazza S. Michele dan Via Fillungo. Bila Anda ingin membeli sepatu buatan Italia yang berkualitas tinggi, kota Lucca inilah salah satu tempatnya.

Begitu juga dengan kunjungan ke kota Viareggio. Anda akan puas dengan wisata belanja Anda. Sepanjang jalan setapak di tepi pantai, Anda akan menjumpai deretan tokotoko ternama seperti Benetton, Gucci, Sisley dan masih banyak lainnya. Bila Anda lelah berbelanja, nikmatilah lezatnya es krim di ~el atau nikmatilah sepotong pizza di La Rusticanella.
Perjalanan selanjutnya adalah perjalanan ke kota Siena. Perjalanan ini diawali dengan rute ke tengah kota terlebih dahulu yaitu ke Piazza del Campo. Kota Siena terkenal dengan produk makanan manis yang diproduksi oleh perusahaan keluarga Nannini. Selain terkenal dengan makanan manisnya Sienajuga terkenal sebagai kota musik yang cukup penting.

Berbicara tentang Verona, pastilah tidak lepas dari cerita cinta dari dua sejoli yang sangat terkenal di dunia, Romeo dan Juliet yang ditulis oleh W. Shakespeare. Berkat cerita ini pula, Shakespeare mampu menjadikan Verona, sebagai salah satu kota yang sangat populer di dunia saat ini.

Goresan fantasi Shakespeare berabad lalu itu, hingga kini begitu terasa di kota ini.Hebatnya lagi, drama karangan Shakespeare tersebut mampu dihidupkan Pemerintah Kota Verona dengan dibangunnya Casa di Guiletta atau rumah balkon keluarga Juliet.
Dalam drama Shakespeare, rumah balkon ini merupakan tempat pertemuan Romeo dan Juliet, sepasang kekasih yang tidak direstui kedua orang tua mereka karena kedua keluarga ini bermusuhan.
Kini, Casa Di Guiletta dijadikan obyek wisata dan mampu menjadi daya tarik para turis. Apalagi di situ dibuatkan juga patung Romeo and Juliet dari tembaga yang mampu menambah kekuatan fantasi cerita percintaan tragis dua anak muda ini.

Berjalan-jalan di kota Verona ini dapat dimulai dari gerbang pusat kota, the main piazza atau yang disebut Piazza Bra. Suasananya lapang, bersih dan diramaikan oleh bar, pub, café, restaurant dan tidak ketinggalan souvenir shops.

Balai kota yang dikenal dengan sebutan Palazzo Barbieri terletak diseberang piazza, merupakan balai kota yang megah yang didirikan pada tahun 1883. Selain gedung balai kota, beberapa gedung tua yang berumur ratusan tahun pun dapat kita lihat di kota ini seperti Grand Guardia Palace, Palazzo Guastaversa yang merupakan hasil karya dari Sanmicheli, architect pakar yang beraliran Renaissance dan the Roman Amphitheatre, yang menjadi pusat piazza tersebut.

The Roman Amphitheatre merupakan peninggalan kekaisaran Roma yang merupakan salah satu opera stage terbesar di dunia. Dengan ukuran 138x109 meter dapat menampung sekitar 22 ribu penonton. Pada musim panas di tempat ini kerap diadakan pementasan opera, Dell’Opera Lirica. Sebagian besar dari bangunan ini udah merupakan hasil renovasi

Tower Lamberti yang merupakan tower tertinggi di Verona yang dibangun pada tahun 1172, juga menjadi salah satu tempat yang tidak boleh terlewatkan jika kita berkunjung ke Verona.

Bagi yang gemar berbelanja, langsung saja menuju Via Mazzini. Sebuah pedestrian street yang penuh dengan butik-butik bermerk terkenal papan atas.
di ujung jalan Via Mazzini, terdapat Piazza Delle Erbe merupakan pusat kota dimana di dalamnya terdapat pasar yang dulunya adalah tempat di mana the ancient Roman Forum berdiri. Nyaris seluruh bangunan yang mengelilingi piazza ini adalah bangunan historic yang dilengkapi dengn beberapa sculpture yang sangat indah.

Singkat cerita, erona memang layak dipilih sebagai tempat tujuan wisata anda berikutnya. Segera booking reservasi hotel langsung lewat website Mistertur.com, untuk mendapatkan diskon harga hotel murah di Verona, Italia.

Florence merupakan ibukota Tuscany, yang merupakan salah satu daerah di Italia. Dalam bahasa Italia, Florence dikenal dengan sebutan Firenze.

Yang berbeda dengan tempat-tempat wisata lain di Italia adalah jembatan unik di atas sungai Arno sebagai salah satu pusat perbelanjaan di Florence terutama perhiasan baik emas maupun perak.Di sepanjang jalan di jembatan ini terutama di bagian tengah jembatan dimana kita bisa menikmati pemandangan sepanjang sungai Arno, banyak sekali terdapat gembok yang terkunci. Jika diamati labih lanjut, pada gembok ini tertulis 2 nama orang. Konon kabarnya, gembok-gembok ini disebut gembok cinta. Mereka yang sedang menjadi kekasih menuliskan namanya di gembok ini, menguncinya di Ponte Vecchio dan membuang kuncinya di sungai Arno. Konon kabarnya, dengan begitu cinta mereka akan terkunci selamanya.

Uffizi gallery yang merupakan musium seni tertua dan terkenal di dunia juga terdapat di kota Florence ini. Di galeri ini disimpan koleksi-koleksi seniman terkenal di dunia di antaranya Giotto, Simone Martini, Piero della Francesca, Fra Angelico, Filippo Lippi, Botticelli, Mantegna, Correggio, Leonardo da Vinci, Raphael, Michelangelo and Caravaggio.Karya pelukis-pelukis ternama dar Di sepanjang bagian luar galeri Uffizi terdapat pula patung-patung seniman-seniman tersebut.

Uffizi galery terletak di lantai teratas gedung terbesar yang didesign oleh Giorgio Vasari di tahun 1560-1580.
Jika ingin mengunjungi tempat ini terdaoat berbagai macam transportasi seperti bis,kereta, ataupun anda dapat berjalan kaki dari pusat kota yang memakan waktu sekitar 10 menit.
Venezia (Venice dalam bahasa Inggris) adalah kota cinta. Julukan the city of love di negara Italia. Namun kota ini berbeda dengan Paris yang mempunyai julukan yang sama sebagai kota cinta.

Pusat tujuan dan yang paling diminati para turis manca negara adalah San Marco Square (Saint Mark's Square/ Lapangan San Marco). Di sebelah timur adalah Basilika San Marco, dan Istana Doge (Palazzo Ducale), dimana keduanya ini merupakan bangunan terpenting dan tersohor di Venice.

Venezia merupakan kota yang berdiri di atas sekelompok pulau-pulau kecil. Jumlahnya 117 pulau. Berabad-abad yang lalu, warga Italia yang dikejar-kejar oleh orang barbar, melarikan diri ke laguna di sudut Laut Adriatika. Di atas “serpihan-serpihan” tanah tak berpenghuni itulah Venezia mulai mekar menjadi sebuah koloni permukiman. Keulungan dan keterampilan seni warga Venezia membuat kota itu berubah menjadi kota yang indah. Kota itu juga selalu dipadati wisatawan, khususnya pada hari-hari libur dan akhir pekan.

Alat transportasi di Venice adalah gondola, yaitu perahu dengan dasar rata yang dikendalikan dengan dayung tunggal. Sekarang ini, gondola digunakan terutama untuk para turis.

Venice memang dikenal sebagai salah satu kota terindah di dunia. Bangunan-bangunan kota dan dekorasi-dekorasinya dari jaman Byzantium hingga bergaya Renaissance, yang telah memperlihatkan nilai seni yang tinggi. Hasil karya dari sekolah seni dan lukis orang-orang Venice dipertontonkan dalam istana-istana, bangunan umum, dan gereja-gereja di Venice.

Tak heran jika kota ini dijuki the city of love, karena tempat ini memang sangat romantis dan mempesona.

Singapore merlion.jpg

SINGAPURA

Ingin makan dim sum di Singapura? Nggak tahu harus kemana? Coba kunjungi salah satu dari restoran di bawah ini :

1. Crystal Jade Kitchen

Terletak di #01-70 470 Toa Payoh Lorong 6, anda dapat menikamti hidangan Dim Sum dan macam-macam hidangan Cantonese lainnya di tempat ini.

2. Red Star Restaurant

Lokasinya di #07-23 HDB Block 54 Chin Swee Road, menyediakan berbagai macam pilihan hidangan Dim Sum ataupun lainnya seperti Porridge, Cakes and Pastries.

Tips buat anda yang bingung mencari restoran yang menyediakan hidangan seafood ketika anda berlibur di Singapura. Ada baiknya anda mencoba beberapa restoran di bawah ini :

1. Long Beach Seafood Restaurant, Singapore

Di tempat ini, anda bisa memesan hidangan seafood kepiting sepanjang tahun. Terletak di 1018 East Coast Parkway, Singapura; dapat juga ditempuh dengan mengunakan transportasi umum bis dengan nomer 12, 14, atau 32. Harga hidangan seafood di tempat ini berkisar 25 - 30 dollar Singapore.

2. Roland Restaurant - Eastern Singapore

Ingin menikmati hidangan kepiting pedas chili crab atau American duck (bebek Amerika) di Singapura? Cobalah restoran yang terletak di Blok 89, 06-70 Marine Parade Central ini. Harga hidangan di restran ini tidaklah terlalu mahal, masih mudah terjangkau. Transportasi umum yang bisa membvawa anda ke tempat ini diantaranya adalah bus dengan nomer 12 atau 14.

3. Jumbo Seafood Pte Ltd

Lokasinya di pinggir pantai berdekatan dengan restoran - restoran Seafood lainnya. Anda bisa menikmati hidangan laut dengan semilir angin pantai di malam hari. Hargamakanan berkisar antara US $ 11- 20.


singapore seafood mistertur


Bagi anda yang bergelut di bidang telekomunikasi, CommunicAsia tentulah tidak asing lagi bagi anda. Pameran telekomunikasi yang diadakan setiap tahun di negara Singapura ini selalu menarik banyak pengunjung dari seluruh dunia, terutama para pebisnis Asia yang bergerak di bidang bisnis telekomunikasi and IT teknologi.

Untuk tahun 2008 ini, ajang CommunicAsia akan digelar dari tanggal 17 Juni 2008 sampai dengan tanggal 20 Juni 2008. Menurut pengalaman tahun-tahun sebelumnya, jika anda ingin menghadiri pameran ini, anda harus cepat-cepat melakukan reservasi hotel tempat anda akan menginap selama anda berada di Singapore. Karena jika anda melakukan reservasi hotel dekat dengan waktu CommunicAsia digelar, anda pasti akan sulit mendapatkan kamar hotel karena kebanyakan kamar-kamar hotel telah terisi penuh oleh tamu-tamu lain yang juga datang untuk menghadiri pameran IT dan telekomunikasi terbesar di Asia Tenggara ini.

ADA anggapan, kalau pergi ke Singapura tidak berbelanja ibarat makan sayur tanpa garam. Memang negeri yang kini dipimpin oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong itu dikenal sebagai pusatnya belanja di dunia. Tak heran jika setiap hari ratusan wisatawan baik yang datang dari Inggris, Taiwan, Hongkong, Jepang, China, Malaysia, Indonesia maupun sejumlah negara Eropa lainnya berbondong-bondong datang ke negeri yang hanya berpenduduk 400 ribu jiwa itu.

Rasanya pusat perbelanjaan yang berada sepanjang Orchard Road seperti Singapore Shopping Centre, Orchard Shoping Centre, Suntec City, Mandarin Shopping, Ngee Ann City, The Paragon, Orchard Plaza, Meridieen Shopping Centre, Plaza Tang, Tanglin Shopping Centre, Plaza Singapura, tidak pernah sepi dari pengunjung. Ratusan orang setiap hari menghabiskan uang ribuan dolar hanya untuk berbelanja di sana. Barang yang dijual di kawasan itu memang merek-merek terkenal, sehingga harganya cukup mahal, untuk ukuran kantong kita. Ibaratnya, kawasan itu memang diperuntukkan bagi mereka yang berkantong tebal.

Seperti komplek perbelanjaan Vivo City di kawasan Pelabuhan Singapura menawarkan konsep belanja multi internasional. Kawasan itu tidak hanya untuk belanja, tetapi juga untuk bersantai dan transit wisatawan melalui laut, seperti dari Thailand dan Malaysia. Vivo City merupakan komplek belanja yang baru diresmikan bulan Oktober lalu dengan menelan dana SGD 3,5 miliar.

Bagian depan menghadap ke pelabuhan, sedangkan atap gedung dibuat laut buatan, airnya asin dan berombak. Lokasi itu sangat cocok untuk tempat bermain anak-anak. Apalagi dari atas gedung, kita bisa melihat keindahan Pulau Sentosa dan kawasan pelabuhan.

''Semua produk di dunia ada di sini. Jadi wisatawan tak perlu jauh-jauh karena di sini semua tersedia. Mulai dari barang murah hingga bawang mewah,'' kata Public Relations and Senior Account Executive Leong Mei Ying.

Kalau hanya memiliki uang pas-pasan lebih baik tidak usah belanja di sana. Datanglah ke Bugis Street. Di sana kita bisa belanja dengan harga murah, tetapi kualitas barang tidak kalah. Lokasinya juga tidak jauh dari Orchard Road, hanya sekitar 20 menit jika naik kendaraan bermotor.

Di kawasan yang kalau di Semarang mirip Pasar Johar itu dijual berbagai kebutuhan, mulai kaos, cinderamata, barang elektonik, baju, sepatu, jam tangan, parfum dan ponsel.

Jam tangan misalnya, hanya dihargai SGD 5 atau Rp 28.000 (kurs rupiah Rp 5.600-Red), padahal kualitasnya cukup baik.

''Ini kalau di Pasar Uler Jakarta harganya bisa mencapai Rp 350.000,'' kata rekan dari Jakarta.

Sedangkan untuk kaos rata-rata SGD 10 dapat 3 potong. Parfum merek Gucci kalau di Orchard Road harganya mencapai SGD 100, di Bugis Street cukup bayar SGD 25. Itupun kalau kita pandai menawar harganya bisa turun lagi.

Di kawasan yang tokonya mulai buka pukul 10.00 hingga 22.00 itu banyak pedagang yang menguasai Bahasa Melayu, sehigga memudahkan orang Indonesia untuk berbelanja di sana.

''Turis Indonesia banyak yang suka belanja di sini. Selain harganya agak murah, juga kualitasnya cukup baik,'' kata Abdul Karim pedagang cinderamata, yang mengaku dari Melayu.

Menurut Senior Marketing and Communications Manager Bugis Street, Desmond Seah dalam menyambut natal akan mengadakan bazaar besar-besaran mulai 15 November hingga 10 Januari. Kegiatan itu akan diikuti oleh tak kurang dari 600 stan.

Ke Singapore indentik dengan berbelanja,namun selain shopping ada lagi yang bisa dilakukan para turis yang melancong ke Singapura.Turis pun dapat menikmati objek wisata seperti Jurong Park, Botanical Garden, Esplanade Theatres on the Bay, Suntec City, Little India (kawasan permukiman masyarakat India dengan Mustofa Center sebagai pusat berbelanja murah dengan kualitas bagus), Bugis Park, China Town, dll.

Selain itu, ada wisata air Singapore River Cruiser, yaitu menyusuri Sungai Singapura mulai dari kawasan Clarke Quay hingga ke Boat Quay. Banyak yang bisa dilihat saat menyusuri sungai, seperti patung Raffles ketika melakukan pendaratan, patung Merlion, bangunan-bangunan pencakar langit, dll.

Di Clark Quay atau Boat Quay, berderet kedai makanan atau kafe. Beragam makanan dan minuman tersedia. Sambil duduk di kursi yang sejajar menghadap sungai, makanan atau minuman yang disantap jadi terasa lebih enak. Bagi mereka yang suka dugem, tersedia diskotek, bar, atau klab malam.

Selain Orchad Road dan pusat-pusat perbelanjaan lain yang selama ini sudah tersohor, masih banyak lagi tempat wisata yang menarik dikunjungi di Singapura. Sebut saja, Jurong Bird Park, taman burung yang dihuni 8.000 ekor burung yang terdiri dari 600 spesies. Atau Pulau Sentosa yang luasnya 500 hektare, yang menawarkan banyak objek wisata. Satu tempat yang tak boleh dilewatkan di Pulau Sentosa adalah patung Merlion setinggi 37 meter. Seluruh panorama Singapura dengan gedung-gedung pencakar langitnya akan dapat dinikmati dari tempat ini.

Tak kalah menariknya adalah Safari Night, yaitu atraksi safari malam menyaksikan 1.500 binatang liar dari dekat dengan menggunakan kendaraan terbuka. Di hutan seluas 40 hektare itu ada singa, gajah, kuda nil, anjing, badak, banteng, dll.

Singapura pun kini agresif mengeruk devisa wisatawan melalui promosi jasa pengobatan medis di sejumlah rumah sakit internasional yang dikelolanya. Sudah bukan rahasia lagi, Singapura sudah menjadi rujukan banyak orang Indonesia untuk berobat. Entah untuk sekadar check up sampai menjalani operasi. Singapura menjual konsep berobat sambil berwisata.

Mengenai makanan, untuk orang Indonesia, apalagi seorang Muslim, terdapat restoran atau food center (pusat makanan) yang menyediakan makanan halal. Bahkan untuk meyakinkan para pengunjung, restoran-restoran tersebut dilengkapi dengan sertifikat halal yang dikeluarkan Islamic Religious Council of Singapore. Banyak juga restoran yang bernuansa Indonesia, seperti "Desa Kartika" di Orchad Road, "Es Teler 77", dll. Selain itu ada restorang yang bernuansa Malaysia semisal "Tepak Sireh", atau restoran Cina seperti "Grand Court Vegetarian", dan restoran western seperti "Amiran's Cafe".

Singapore dikenal orang-orang Indonesia sebagai tempat berbelanja. Pemerintah Singapura memang memberikan dana yang besar untuk membangun tempat perbelanjaan yang memuaskan bagi para konsumen.

Tetapi sudah tahukah anda tempat-tempat belanja di Singapore? Berikut kami sajikan informasi mengenai tempat berbelanja di Singapura.

1. Orchard Road
Di Orchard Road-lah sebagian besar shopping mall dan departement store berlokasi, dan dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti restoran, bar, cafe dan snack bar. Berbagai macam hotel berbintang pun tersebar di lokasi ini. Sebagian besar toko di Orchard Road merupakan barang-barang bermerk seperti baju merk U2, Giordano, dan lain-lain.

2. Centrepoint
Disini tempatnya Retail Outlet, toko-toko seperti Robinsons & Co dapat anda jumpai di Centrepoint.

3. DFS Galleria Scottswalk
Jika ingin berbelanja di Duty free, disinilah tempatnya. Berbelanja di DFS memberikan kepuasan tersendri karena barang-barang yang kita beli disini memiliki garansi worldwide 100 %.

4. Far East Plaza
Mau cari tempat belanja yang penuh dengan sepatu, baju, tas, Cd, kacamat, dan lain-lain? ke Far East Plaza aja. Tidak hanya turis yang berbelanja disini, orang-orang asli Singapura pun banyak yang berbelanja di sini.

5. The Heeren.
Disini anda dapat temukan HMV, toko musik terbesar di Asia Tenggara. Restauran berkelas internasional dengan rasa Asia pun ada disini.

6. Tanglin Shopping Centre
Singapore pun dikenal sebagai tempat berbelanja barang-barang Asia antik. Beberapa toko di sini menjual barang-barang khusus seperti karpet Persia, mutiara Jepang, dan barang antik lainnya.
Tepat disebelahnya terdapat Orchard Parade Hotel dimana anda dapat temukan Manchester United's Theatre of Dreams' merchandise store.

Australia dan New Zealand


Gold Coast bukanlah kota biasa, melainkan sebuah wilayah perkotaan sepanjang 70 km, membentang dari Beenleigh di utara ke selatan hingga Coolangatta (berbatasan dengan Negara Bagian New South Wales), sekitar satu jam bermobil ke arah selatan dari Brisbane (ibu kota Negara Bagian Queensland). Kawasan pantai Samudera Pasifik berpasir putih bersih itu diperkaya dengan beberapa resor wisata seperti Paradise Point, Southport, Surfers Paradise, Burleigh Heads dan Currumbin Beach.
Sebagai daerah tujuan wisata penting, Gold Coast belum tertandingi di seluruh negara bagian yang berjuluk The Sunshine State itu, bahkan Brisbane sekalipun. Diperkirakan, dari jumlah seluruh wisatawan asing yang berkunjung ke Queensland (dan Australia pada umumnya), sebagian besar di antaranya berkunjung ke Gold Coast.

Fenomena ini dimanfaatkan oleh pemerintah negara bagian untuk menjadikan Gold Coast sebagai ikon pariwisata yang potensial. Gold Coast identik dengan pantai timur Queensland yang hangat, berhadapan dengan Samudra Pasifik. Pengembangan kawasan ini menjadi resor plesiran sesuai dengan pemanfaatan kondisi alam pantai yang eksotik, gelombang lautan yang besar (cocok untuk bermain selancar), letaknya tidak terlalu jauh dari Brisbane dan dekat dengan garis batas Negara Bagian New South Wales.

Gold Coast memang dirancang sebagai resor wisata bertaraf internasional. Berbagai fasilitas dan penunjang kepariwisataan dibangun secara terpadu untuk memberikan kepuasan pengunjung. Promosinya pun dilaksanakan secara profesional. Surfers Paradise, misalnya, bermodalkan gelombang laut yang besar dan pantai berpasir, berkembang menjadi surga bagi para peselancar kelas dunia.

Dream World menyuguhkan perpaduan antara hiburan ringan, pengalaman yang unik, atraksi mendebarkan jantung (seperti roller coaster) dan atraksi aneka binatang. Teater Imax (semacam Keong Emas di TMII) dan pusat perbelanjaan pun ada di tempat ini.

Selain populer sebagai daerah wisata pantai, Gold Coast juga didukung wisata pedalaman yang dikenal dengan Gold Coast hinterland. Segala potensi wisata yang tidak berkaitan dengan kelautan dikemas dalam nuansa hinterland. Jenis objek wisata yang ditawarkan pun beraneka ragam, seperti alam pegunungan, hutan hujan, flora dan fauna khas Australia, festival budaya dan sebagainya. Hutan hujan Lamington Plateau, Gunung Tamborine dan Springbrook, resor-resor pegunungan Binna Burra dan O'Reilly's menjadi daya tarik utama wisatawan Gold Coast hinterland.

Kehidupan Gold Coast terus berdenyut sepanjang waktu. Ibarat gula, Gold Coast sangat manis sehingga banyak orang dari berbagai negara dengan bermacam kepentingan datang mengerumuninya. Para pebisnis dan pekerja datang mengadu peruntungan. Para pelancong domestik dan mancanegara datang dan pergi membawa bermacam kenangan.

Pelayanan memuaskan kepada pengunjung menjadi salah satu kunci keberhasilan kepariwisataan Gold Coast. Hotel, restoran, tempat-tempat hiburan, layanan jasa informasi dan pusat-pusat perbelanjaan bersaing menawarkan yang terbaik dan termurah. Bentuk bangunan dirancang sedemikian rupa dan dipilih di lokasi yang strategis untuk memberikan kenyamanan.


Kunjungan ke Gold Coast biasanya satu paket dengan kunjungan ke Brisbane, Sydney atau sebaliknya. Meskipun objek wisata yang ditawarkan sama, tiap-tiap biro perjalanan menawarkan paket wisata yang berbeda. Setiap hotel bahkan mempunyai program berbeda untuk menyedot sebanyak mungkin pengunjung.

Sebuah kawasan wisata rasanya belum lengkap tanpa pusat perbelanjaan barang atau makanan khas. Untuk memuaskan pengunjung, di Gold Coast tersedia banyak department store, supermarket, hotel berbintang dan restoran berbagai selera, galeri seni serta toko-toko suvenir. Pengunjung tinggal mengukur isi dompet, mau barang yang murah atau mahal, asli atau imitasi.
Urusan isi perut pun banyak pilihan. Aneka jenis sajian, seperti masakan Asia Tenggara, China, Jepang, Meksiko, India, Amerika, Italia, atau Eropa lainnya tersedia di hotel, kafe dan restoran. Kami pernah mencoba masakan Asia Tenggara (nasi) di restoran Malaysia, rasanya tak jauh beda dari yang di Tanah Air.

Oleh-oleh khas Australia? Oh, banyak sekali. Dari pin bendera Autralia sampai boneka kangguru. Semuanya beraneka rupa dan harga. Pendek kata, Gold Coast pintar memanjakan wisatawan yang mengunjunginya. Otorita Pantai Kuta (Bali) atau Pantai Carita (Banten) sebenarnya dapat belajar dari manajemen kepariwisataan Gold Coast di Australia ini. Modal alam sudah tersedia, tinggal bagaimana mengembangkan sumber daya manusia menjadi lebih andal dan berdaya guna.

Taman Victoria atau yang dikenal dengan Victoria Park adalah sebuah taman yang besar di kota Sydney, terletak di sudut jalan Parramatta road dan City road, diantara University of Sydney dan Tempat Perbelanjaan Broadway Shopping Centre.

Apa yang dapat kita temui di taman ini?
Taman Victoria ini dilengkapi dengan sebuag air mancur yang besar dan juga tempat wisata kolam renang yang terbuka untuk umum. Di taman ini juga kita bisa melihat danau atau Lake Northam, tempat air mancur besar berada.

Warga Australia sangat bangga dengan adanya taman Victoria ini, mereka sangat bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian dan kebersihan taman yang sering digunakan untuk tempat berwisata warga baik lokal maupun warga Australia yang datang dari kota-kota lain.

Kolam renang yang terdapat di Taman Victoria ini terbuka untuk umum, sepanjang tahun dengan menawarkan berbagai fasilitas menarik bagi para pengunjungnya, termasuk gymnasium yang dilengkapi dengan peralatan kesenian,kelas fitness, kursus renang bagi yang berminat serta dilengkapi dengan restaurant & cafe bagi para pengunjung yang ingin menikmatai makanan atau minuman ringan di sana.

Kolam renang khusus bagi anak-anak pun tersedia disini, dengan air kolam yang memiliki suhu sekitar 29.0 derajat sepanjang tahun, membuat para orang tua tidak perlu khawatir bila anak-anak merasakan dinginnya air kolam renang.
Tempat ini sangatlah cocok bagi keluarga yang ingin berekreasi sambil melakukan olah raga renang.

Gedung Opera Sydney memang sebuah bangunan dengan arsitek tur yang unik. Terletak di sebuah semenanjung kawasan pelabuhan Sydney, New South Wales, Australia. Persis berhadapan dengan jembatan Sydney Harbour Bridge yang terkenal.

Keistimewaan Gedung Opera Sydney ini adalah atap melengkungnya yang menyerupai susunan kulit kerang. Bangunan ini kemudian menjadi salah satu icon Sydney dan lebih dikenal sebagai daerah kunjungan bagi para pelancong.

Bagi jutaan turis yang datang, gedung ini memiliki daya tarik dalam bentuknya yang seperti cangkang. Selain sebagai objek pariwisata, gedung ini juga menjadi tempat berbagai pertunjukkan teater, balet, dan berbagai seni lainnya. Gedung ini dikelola oleh Opera House Trust dan menjadi markas bagi Opera Australia, Sydney Theatre Company, dan Sydney Symphony Orchestra.

Di dalam Opera House ini, tepatnya di dalam ruang Concert Hall terdapat Sydney Opera House Grand Organ. Semacam alat musik organ terbesar di dunia dengan 10.000 pipa udara.

Apa saja yang diperlukan untuk mengajukan permohonan visa turis untuk berkunjung ke Australia?

Berikut ini adalah syarat yang diperlukan untuk mengajukan permohonan visa turis atau bisnis ke Australia :

  • Passport masih berlaku minimal 6 bulan
  • Foto 4x6 (2 lembar) berwarna terbaru
  • Surat sponsor diatas kop surat & diberi cap stempel perusahaan, serta dijelaskan secara lengkap nama & jabatan pemohon visa.
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi bukti keuangan pribadi 3 bulan terakhir (untuk bukti keuangan dapat berupa rekening koran, tabungan atau deposito minimal Rp.30 juta/orang. Dan untuk deposito harus 3 bulan terakhir atau deposito lama yang ada bukti perpanjangannya.
  • Lampiran copy SIUP, jika pengusaha.
  • Lampiran passport lama, jika passport baru masih kosong/jika di passport lama tsb ada visa Australia-nya
  • Mengisi formulir visa Australia
  • Bagi pemohon berusia 70 thn keatas harus melampirkan surat keterangan sehat dari dokter yang ditunjuk oleh pihak kedutaan Australia + lampirkan Asuransi perjalanan yang sesuai dengan durasi tinggal pemohon di Australia.
  • Bagi anak berusia 18 tahun kebawah yang bertujuan ke Australia & tidak didampingi oleh orang tuanya, diharuskan melampirkan surat izin orang tua (diatas materai Rp. 6000) dan dilampirkan copy KTP orang tua.
  • Jika mempunyai anak yang berada di Australia, lampirkan Fotokopi passport & visa anak tersebut
  • Jika pemohon masih berstatus pelajar lampirkan copy kartu pelajar
  • Surat ijin suami diperlukan apabila istri berangkat tidak bersama suami.

Qubbah Sakhra Tempat Wisata Paling Lama

Palestina mempunyai banyak tempat tujuan wisata. Karena kedudukannya sebagai pusat tiga agama dunia. Maka tak heran bila Palestina menjadi tujuan utama wisata agama. Di samping itu, letaknya yang tidak terlalu jauh dari negara-negara Barat, Eropa, Asia atapun Afrika.

Wisata agama di Palestina ini sangat lengkap, karena menampung tiga agama besar di dunia. Seperti tempat mi’rajnya Rasulallah SAW ke langit ke tujuh, setelah beliau melakukan perjalanan diwaktu malam (isra) dari Makkah menuju al-Quds.

Al-Quds merupakan kiblat pertama Ummat Islam. Di dalamnya terdapat Masjid al-Aqsha, Qubbah Sakhra, dan Masjid Umar Ibnu Khottob.

Sebetulnya banyak tempat-tempat bersejarah yang menjadi tujuan wisata Islami di Palestina. Seperti makam para ulama, makam para Nabi dan para shahabatnya. Di sana terdapat makam Nabi Musa AS di Jericho, Masjid Bilal bin Rabbah di Bet Lehem, Masjid Hasyim di Gaza, Masjid Nasher Shalhuddin di Nablus termasuk di dalamnya makam para mujahid kaum muslimin yang syahid saat perang Salib. Selain itu ada juga makam para wali, seperti makam Syaikh Yusuf, Syaikh Imaduddin, Basyar Hafi dan sejumlah pahlawan Palestina lainya.

Yang paling mengagumkan dari semua tempat wisata itu adalah Qubbah Sakhra, yang memperlihatkan keajaiban teknik bangunan saat itu. Setiap muslim harus punya keinginan untuk mengunjunginya dan berbangga atas hasil kebudayaan bangsa muslim. Semua orang tahu Qubbah Sakhra hanya ada di Palestina. Namun masih sangat sedikit orang yang bisa menyaksikanya.

Kebudayaan Bangunan Islam

Qubbah Sakhra dibangun pada era kekholifahan Bani Umayah, Abdul Malik bin Marwan, kira-kira antara tahun 65-86 H atau 684 – 705 M. menurut catatan yang terdapat di kaligrafi emas yang ditulis dengan khat Kufi di dalam bangunan Qubbah di arah tenggaranya.

Tak diragukan, latar belakang pembangunan Qubbah ini kembali pada semangat keagamaam kaum muslimin dan keterikatan mereka terhadap peristiwa Isra-Mi’raj Rasulallah SAW. Hal ini juga menunjukan pembangunan qubbah ini terjadi saat situasi yang aman dan tentram. Pembangunan Qubbah ini mendorong kaum muslimin dari berbagai pelosok untuk membangun dan mangunjunginya. Apalagi dengan statusnya sebagai kiblat pertama dan al-Haram ketiga setelah Makkah dan Madinah.

Qubbah Sakhra dibangun secara bersama-sama oleh tiga bangsa dunia, Arab, Romawi dan Turki dengan arahan dua insinyur terkenal, Raja bin Hayah al-Kindi (salah seorang ilmuwan Chechnya) dan Yazid bin Salam (ilmuwan Al-Quds). Design bangunan ini terkenal dengan banyaknya tiang yang membentuk segi delapan. Sementara Qubbah yang berada di atasnya melambangkan arsitektur sempurna dan salah satu cirri kebudayaan Islam.

Hiasan dan ukiran yang ada di Qubbah Sakhra menarik perhatian para peneliti atau siapa saja yang menyaksikan keindahan bangunan ini. Yang menggabungkan unsur-unsur arsitektur dan keindahan. Qubbah Sakhra bahkan menjadi salah satu lambang arsitektur islami.

Design Apik dan Sempurna

Qubbah Sakhra dibangun dengan design apik dan serasi. Perancang bangunan ini membuat tiga koridor utama yang menggambarkan arsitektur sempurna dan kebudayaan islam yang mengagumkan. Bangunan ini terdiri dari tiga unsur utama yaitu, Qubbah yang menutupi tanah bangunan berpasir. Dua ruangan, dalam dan luar yang dikelilingi bangunan Qubbah serta bantuk bangunan dalam yang terdiri dari delapan segi.

Adapun Qubbah yang berada di dalamnya berdiri di atas empat tiang. Masing masing setinggi tiga meter. Sementara 12 tiang lainya mengelilingi bangunan tersebut dihiasi batu permata. Tiang-tiang itu tersusun rapi. Diantara dua tiang ada tiga penyangga batu hiasan.

Qubbah Sakhra terdiri dari dua tingkat yang terbuat dari kayu dan bagian luarnya juga bertopang pada pondasi kayu yang mengangkat Qubbah Sakhra di bagian luarnya. Di bagian dalam, Qubbah Sakhra dihiasi relief emas. Adapun di bagian luarnya dipercantik dengan tulisan berbahan tembaga yang berwarna keemasan. Di sekeliling bangunan ini terdapat 10 jendela sebagai tempat masuknya sinar matahari dan ventilasi udara.

Tempat Kunjungan

Selama rentang zaman, kaum muslimin telah memelihara dan melindungi Qubbah Sakhra sebagai tempat kunjungan Islami. Mereka memeliharanya terutama akibat perubahan cuaca dan iklim. Setiap khalifah dan pemimpin kaum muslimin tek pernah melewatkan untuk merenovasi bangunan ini.

Dari sini diketahui, bahwa setiap muslim pasti mengetahui penghargaan sebenarnya untuk Qubbah Sakhra sebagai salah satu peninggalan Islam. Semua orang seharusnya berusaha untuk mengunjunginya serta melihat keindahan bangunan tersebut, sebagai pemuas citra rasa keislaman seseorang.

Kecantikan Budaya Islami

Qubbah Sakhra merupakan bangunan yang sangat berharga dihiasi qubbah emas yang terletak di tengah-tengah areal Masjid Al-Aqsha agak ke sebelah kiri sedikit. Bangunan ini adalah yang paling dahulu dan tempat kunjungan yang paling besar di al-Quds. Di sebut Qubbah Sakhra karena karena tempatnya di sakhra (lapangan pasir). Qubbah Sakhra merupakan salah satu lambang arsitektur Arab Islam pada satu sisi dan keindahan citra rasa seni islami pada sisi lainya. (asy)


Negara 1001 Malam


Akhir-akhir ini, media massa Jerman sering memberitakan tentang salah satu negeri di Timur Tengah, yaitu Uni Emirat Arab. Isi beritanya mengenai pembangunan negeri ini yang bisa dibilang pesat, dan merupakan salah satu pusat perekonomian baru di Timur Tengah. Maskapai penerbangan Emirates, milik negeri ini, adalah salah satu maskapai penerbangan terbaik di dunia. Selain itu, negeri ini juga ingin memposiskan dirinya sebagai negara tujuan wisata terkemuka di dunia. Tak heran, membangun hotel, dan tempat-tempat wisata yang sangat megah dan mewah, seperti hotel Burj Al Arab, Emirates Palace, Hightech-Dessert Dubai, dan yang sedang dibangun, Palm Island, sebuah pulau buatan yang berbentuk seperti pohon Palem.

Uni Emirates Arab yang beribu kota di Abu Dhabi dan berpenduduk hampir 2,5 juta jiwa ini sedang giat-giatnya berusaha menarik wisatawan untuk berkunjung. Jumlah wisatawan yang datang, meningkat sangat pesat, dari 0,7 juta orang di tahun 1991, menjadi sekitar 5 juta orang. Hingga tahun 2010, diperkirakan 15 juta wisatawan akan berkunjung ke Uni Emirat Arab.

Hotel Burj Al Arab di Dubai, merupakan satu-satunya hotel berbintang 7 di dunia. Juga merupakan hotel termahal, tertinggi, dan mungkin juga terbaik di dunia. Berbentuk seperti layar perahu, serta memiliki 202 suite modern.

Emirates Palace di Abu Dhabi merupakan hotel terbesar dan termewah di dunia. Hotel bagai istana ini lebih besar daripada Versailles di Perancis, dengan kubah yang lebih tinggi daripada kubah Petersdome di Roma, dan dibangun diatas lahan seluas satu juta meter persegi. Untuk bermalam di salah satu kamar mewah hotel ini yang luasnya 1200 meter persegi, seseorang harus mengeluarkan sekitar 9000 Euro semalam. Sedangkan Royal Suite yang biasanya digunakan tamu-tamu negara, dan keluarga kerajaan disewakan seharga 35.000 Euro semalam. Dalam suatu tayangan reportase di stasiun TV Jerman Pro7 menggambarkan suasana hotel yang hampir semua mebelnya dilapisi emas murni. Alat-alat makan pun terbuat dari emas, serta ada juru masak menghidangkan kue yang dilapisi emas murni untuk dimakan. Wahnsinn!

Dan salah satu tujuan wisata spektakuler, bernilai jutaan miliar US dolar yang saat ini sedang dibangun adalah Palm Islands. Palm Island terdiri dari 2 pulau buatan, yaitu Palm Jumeirah dan Palm Jebel Ali. Di ats pulau-pulau ini dibangun vila-vila, apartemen, pusat perbelanjaan dan hotel-hotel mewah. Palm Jumeirah diperkirakan selesai pada tahun 2006.

Di satu pihak, saya merasa berbangga diri dengan kemajuan yang dicapai negara Uni Emirat Arab. Pembangunannya yang pesat. Negeri yang secara ekonomi cukup mapan, dan nyaman, tak kalah dengan negara-negara maju di Eropa. Namun di pihak lain, saya merasa prihatin, karena di negeri sekitar 96 persen penduduknya kaum muslim ini, orang-orang 'bermegah-megah' dengan menggunakan alat-alat makan dari emas, mebel dan bangunan berlapis emas. Padahal dalam Surah At-Takatsur, dengan jelas Allah mengancam orang-orang yang lalai dan bermegah-megah.


.. ..

..
Madinah - Al Munawarrah

Madinah atau Madinah Al Munawwarah: مدينة رسول الله atau المدينه, (juga Madinat Rasul Allah, Madīnah an-Nabī) adalah kota utama di Arab Saudi. Merupakan kota yang ramai diziarahi atau dikunjungi oleh kaum Muslimin. Disana terdapat Masjid Nabawi yang memiliki pahala dan keutamaan bagi kaum Muslimin. Dalam Hadits, Nabi Muhammad bersabda bahwa :

"Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) memiliki pahala 10000x dan Shalat di Masjidil Haram (Mekah) memiliki pahala 100000x"

Kota ini dewasa ini memiliki penduduk sekitar 600.000 jiwa. Bagi umat Muslim kota ini dianggap sebagai kota suci kedua. Pada zaman Nabi Muhammad , kota ini menjadi pusat dakwah, pengajaran dan pemerintahan Islam. Dari kota ini Islam lalu menyebar ke seluruh jazirah Arabia dan lalu ke seluruh dunia.

Letak Geografis

Kota ini berjarak kurang lebih 540 km di sebelah Utara Kota Mekah (jaraknya seperti Jakarta ke Wates - Kulon Progo). Pada masa lalu memerlukan waktu cukup lama untuk mencapai Madinah (kurang lebih satu bulan) dengan menggunakan Unta. Sedangkan saat ini dapat ditempuh kurang lebih 6 jam melalui jalan bebas hambatan yang dibangun oleh pemerintah Arab Saudi. Pada masa kekuasaan Usmaniyah Turki, terdapat jalur kereta api yang menghubungkan Madinah dengan Amman (Yordania) serta Damaskus (Syria). yang merupakan bagian dari jalur kereta api Istambul (Turki)-Haifa (Israel) yang dikenal dengan nama Hejaz Railway. Kini jalur itu sudah tidak ada lagi dan stasiun kereta api Madinah dijadikan Museum. Jalur ini dahulu digunakan untuk kelancaran pengangkutan jamaah haji. Saai ini selain menggunakan jalan darat, kota Madinah dapat diakses melalui Udara dengan badara berskala internasional yang terutama digunakan pada musim haji selain bandara king Abdul Aziz di Jeddah

Secara geografis, kota ini datar yang dikelilingi gunung dan bukit bukit serta beriklim gurun.

Ekonomi

Dari sektor ekonomi, terdapat sektor pertanian dan perkebunan terlebih lebih perkebunan kurma yang sudah dikenal sejak masa lampau, peternakan selayaknya penduduk Arab serta perdagangan ditambah dengan sektor jasa terutama jasa pelayanan para peziarah diantaranya adalah usaha perhotelan dan penginapan.

Pendidikan

Selain dikenal sebagai kota pusat perkembangan Islam. Madinah juga merupakan pusat dari pendidikan Islam sejak masa Nabi Muhammad . Juga banyak ulama-ulama dan Cendekiawan Islam yang muncul dari Madinah diantaranya adalah Imam Malik. Saat ini di Madinah terdapat berbagai Jami'ah (Universitas) dan perguruan perguruan tinggi Islam lainnya.

Sejarah

Kota Madinah pada masa sebelum perkembangan Islam dikenal dengan nama Yastrib. Dikenal sebagai pusat perdagangan. Kemudian ketika Nabi Muhammad hijrah dari Mekah kota ini diganti namanya menjadi Madinah sebgai pusat perkembangan Islam sampai beliau wafat dan dimakamkan di sana. Selanjutnya kota ini menjadi pusat penerus Nabi Muhammad yang dikenal dengan pusat khalifah. Terdapa tiga Khalifah yang memerintah dari kota ini yakni Abu Bakar, Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan. Pada masa Ali bin Abi Thalib pemerintahan dipindahkan ke Kufah di Irak karena terjadi gejolak politik akibat terbununya khalifah Utsman oleh kaum pemberontak. Selanjutnya ketika kekuasaan beralih kepada bani Umayyah, maka pemerintahan dipindahkan ke Damaskus dan ketika pemerintahan berpindah kepada bani Abassiyah, pemerintahan dipindahkan ke kota Baghdad. Pada masa Nabi Muhammad penduduk kota Madinah adalah orang yang beragama Islam dan orang Yahudi yang dilindungi keberadaannya. Namun karena penghianatan yang dilakukan terhadap penduduk Madinah ketika perang Ahzab, maka kaum Yahudi diusir keluar Madinah.

Kini Madinah bersama kota suci Mekkah dibawah pelayanan pemerintah kerajaan Arab Saudi yang merupakan pelayan ke

Mekkah Al-Mukaramah (umroh & jalan-jalan)

At-Taif
Kita jalan dari Riyadh tanggal 24 juli, sekitar jam 11 siang menuju Taif. Sekitar 9 jam perjalanan kita udah nyampe dan langsung nyari apartemen tempat tinggal. Enaknya disini (Saudi Arabia) kalo furnish apartemen nya selain ada kamar tidur, ruang tamu, dapur dan peralatanya juga pasti ada mesin cuci, biar apartemen kecil juga biasanya ada mesin cuci nya. Aku sih memang perlu banget mesin cuci, apalagi ada iman, kan dia harus sering-sering ganti baju. Dan sewa nya pun kebanyakan jauh lebih murah dari pada sewa hotel yang Cuma kamar tidur dan kamar mandi, terutama apartemen untuk 1 bed room (tipe studio). Setelah dapet yang sesuai, kita langsung cari makan dan langsung istirahat. Besok nya baru puter-puter kota Taif. Memang kota ini dipersiapkan untuk wisata keluarga, karena dimana-mana ada taman bermain atau hanya sekedar taman terbuka, dengan dilengkapi beberapa permainan untuk anak dan gratis!!!, banyak keluarga yang duduk-duduk sambil bawa makan siang nya di taman-taman itu (piknik)

Tanggal 25 juli, awal nya kita jalan ke bukit atau gunung batu dengan kendaraan… bagus banget subhanallah, tapi yang bikin serem ngebayangin, gimana kalo gempa ya?… karena otak ini udah dipenuhi berita gempa ditanah air… makanya jangan ngebayang macem-macem hehe… Suhu disini adem, ga panas dan ga dingin, ga perlu jaket, walaupun udah dipuncak bukit. Karena ini kan lagi musim panas, tapi kalo musim dingin ya geger dingiiiinn… di perjalanan, ada tempat pebukitan khusus yang ada perkampungan monyet nya, banyak orang yang dateng ke sini hanya sekedar melihat dan memberi makan ke monyet-monyet itu, karena semua dimakan oleh mereka. Yang menarik perhatianku sejak pertama kali liat monyet secara dekat di monkey forest, Bali, yaitu liat cara monyet makan! semua dimasukin dan dikumpulin di pipi kanan dan kiri mereka. Ntar baru dikunyah kalo udah ada waktu, sok sibuk juga yah monyet hehehe…. Maksudnya kalo udah ga ada yang kasih makan lagi, karena mereka rebutan kan ngambil makanan yang dikasih, atau malah ada yang lagi baca buku, di klick aja fotonya kalo mo liat lebih jelas.

setelah itu baru kita mengunjungi Wisata andalan Taif yaitu car cable atau orang sini nyebutnya “tel freik” Cuma sayangnya informasi mengenai berapa jarak tempuh dan sebagainya belum ada. Jadi beli tiket trus nunggu giliran. Tiket ini untuk PP, dari puncak bukit, kita akan menuju ke bawah, lumayan lama sekitar 5 menit gitu kali (lupa timing) dibawah terdapat seperti taman bermain dan rekreasi keluarga dilengkapi dengan kafe, restoran dan permainan anak-anak dan dewasa. Kita bisa pulang kapan aja mau nya kita, mau nginep juga bisa disini karena ada hotel, ga banyak unit kamar nya tapi lumayan. Kita ga nginep disini dan mutusin pulang setelah magrib, lumayan serem balik nya karena gelaaa…..ap banget terutama pas ditengah-tengah perjalanan ke atas.

Menuju ke bawah dengan Car cable

Taman bermain di bawah

Tanggal 26 juli, ngelanjutin puter-puter kota Taif sampe magrib, trus sore nya kita siap-siap cek out mau ngelanjut perjalanan ke Mekkah. Kita berhenti di Mikat Al-Saif, dan mengenakan pakaian ihram dan berniat umroh disana (rukun haji & umroh). Di mikat ini dan juga mikat-mikat lain nya biasanya ada kamar-kamar kecil dengan kamar mandi di dalem yang disewakan perjam, tujuan nya yaitu untuk jemaah yang dateng dengan perjalanan darat, mungkin membutuhkan privasi untuk mandi (sunat) dan mengganti pakaian ihram (rukun haji & umroh). Kalau perjalanan udara biasanya membaca niat dan berihram pas melewati titik mikat yang dilalui. Akhirnya kita memasuki kota suci Mekkah malem sekitar jam 11. Setelah sekitar 1 jam perjalanan termasuk berhenti di mikat. Langsung cari apartemen lagi, dan alhamdulilah dapet yang bagus.

Kota Suci Mekkah

Tanggal 27 juli sekitar jam 00.00 dinihari, kita langsung menuju masjidil haram yang merupakan tujuan utama kita. Akhirnya alhamdulilah kita menyelesaikan semua rukun umroh sekitar jam 2 dinihari. Mau nunggu-in subuh masih lumayan 2 jam-an… dan keadaan lumayan rame banget, karena bertepatan dengan liburan musim panas dan juga kebetulan bulan rajab yang dikenal dengan bulan Allah. Akhirnya kita putusin pulang kasian si Iman ga ngantuk dia karena kesenengan liat tempat yang luas, dia lari-lari ga berhenti, kalo dikumpulin udah jadi 2 kali umroh kali… bener! takutnya kalo di-ikutin nantinya dia juga yang KO.

Kota suci Mekkah ini dikelilingi dan berada di tengah-tengah bukit-bukit dan gunung batu, bukan hanya dikelilingi tapi juga di cekungan (seperti mangkok). Mengakibatkan trasportasi ke kota Mekkah harus mengelilingi bukit dulu. Sekarang sudah banyak dibangun terowongan terutama untuk kendaraan, dan terbukti efektif dan memudahkan transportasi.

Sekedar informasi, cara pembangunan terowongan-terowongan tersebut yaitu dengan mengebor gunung batu secara bertahap dan kadang menggunakan granat (bom) untuk memudahkan pekerjaan. Setiap tahap yang sudah selesai langsung dibangun beton disekeliling nya, yang kemudian akan jadi terowongan. Tujuan dibangun nya beton tersebut yaitu sebagai pengganti batu-batu yang sudah di bor tadi yang tadinya berfungsi menyalurkan beban-beban yang ada diatas, termasuk perumahan yang juga kadang berada diatas nya.

Contoh nya daerah ini, namanya "Mukhathadh Khandamah" merupakan daerah yang sudah dipetak-petak dan siap dijual. Pemberian nama ini baru, waktu umroh bulan ramadhan lalu belom kita belom liat ini, jadi idenya mirip penamaan beberapa daerah di LA seperti Hollywood, yang meletakan huruf-huruf nya di bukit.

Tanggal 28 juli nya kita kembali ke Masjidil haram, subhanallah.. . ka'bah inilah yang menjadi kiblat seluruh umat muslim di seluruh dunia, dan aku ga pernah akan bosen melototin nya.... disini kita ngikutin solat dzuhur berjama-ah. Setelah itu langsung menuju arafah tempat wukuf (bermalam) waktu pelaksanaan ibadah haji, dan mudzdalifah yang umumnya jadi tempat perkemahan jemaah haji. Di muzdalifah terdapat tenda-tenda kosong yang memang diperuntukan bagi pemukiman jemaah haji.

Di Arafah kami mengunjungi Mesjid Namira, gambar dibawah ini merupakan gambar salah satu menara dari mesjid namira. Kita juga mengunjungi Jabal (bukit) Rahmah (kasih sayang) dimana Adam dan Hawa pertama kali bertemu di dunia. Jarak Mesjid Namira dan Jabal Rahmah tidak terlalu jauh, paling 5 menit pake mobil dan kita sempet jalan kaki dari mesjid namira ke jabal rahmah waktu ibadah haji dulu.

Padang arafah dan muzdalifah ini berubah jadi lautan manusia di musim haji. Diluar musim haji disini jadi tempat wisata, tapi tidak sebanding banget dengan waktu musim haji. Saking rame nya yang bukan jabal rahmah pun didaki orang (aku liat sendiri kejadian ini), padahal tidak ada rukun haji nya mendaki apa lagi sholat disana..


Ini aku baru ketemu file foto waktu kami ibadah haji tahun 2004 lalu, beda banget kan penuhnya?!?!

Sebagai tempat rekreasi, disini dipenuhi oleh penjual dimana-mana, sampe di pinggir-pinggir tangga mau mendaki ke puncak jabal yang ada tugu itu pun dipenuhi para penjual umumnya mainan dan cindramata khas Mekkah. Banyak juga jasa berkeliling dengan onta, malah di puncak bukit pun ada onta, tadinya aku pikir siapa yang bakal menunggangi onta di puncak bukit ya????… ternyata bukan untuk ditunggangi tapi untuk foto-foto dengan onta. Ada juga sewa kuda mulai dari yang kecil sampe yang gede, bahkan motor beroda empat. Iman pun ikutan jadi jockey kuda disana… baba ngambil momen bagus ini, anak kuda yang kecapean kerja, laper trus minta mimik ke ibu nya..

Selain waktu haji itu, tempat ini hanya padang kosong tidak ada penghuni, tidak ada manusia, hanya beberpa yang dateng dan melihat tempat ini. Semua restoran dan fasilitas yang ada di daerah sini memang hanya beroperasi 1 tahun sekali yaitu di hari wukuf, termasuk Mesjid namira, yang hanya dibuka waktu musim haji. Contoh lain saking jadi lautan manusia disini, jarak tempuh dari Masjidil haram ke arafah sekitar 15 menit pake mobil sedangkan waktu kami ibadah haji 2 tahun lalu seitar 5-6 jam pake bis, jadi memang ga heran banyak jema-ah yang memutuskan jalan kaki untuk kembali ke mekkah untuk melaksanakan rukun haji berikutnya.
Rencana kita juga mau lihat tempat lempar jumroh, tapi under construction dan tertutup untuk umum. Memang di lempar jumroh ini yang sering terjadi kecelakaan waktu ibadah haji, karena sulit nya mengatur arus masa, dan juga karena waktu lempar jumroh yang terbatas. Akhirnya melanjutkan saja Mengelilingi kota Mekkah.
Ada lagi hal yang agak aneh awal nya bagi kami, ga jauh dari masjidil haram, deket banget jalan kaki juga bisa, terdapat mesjid bukan Cuma satu atau dua tapi banyak. Dan di waktu-waktu sholat mesjid-mesjid itu pun penuh subhanallah!!. Tanggal 29 Juli waktu kita mau sholat ke masjidil haram, kita mutusin naik taksi aja, karena kita harus jalan lagi dari bangunan parkir ke mesjid, trus bayarnya 15 riyal per jam nya. Sedangkan naik taksi dari apartemen kita Cuma 10 riyal. Kesempatan lah nanya ke tukang taksi nya tentang mesjid-mesjid ini, dan jawaban nya masuk akal banget, karena ini lagi musim liburan. Masyarakat Mekkah bisa mengerti semua manusia yang dateng dari jauh kepengen sholat di masjid haram ini, dengan kata lain masyarakat mekkah mengalah untuk jema-ah yang datengnya dari jauh.

Selain itu di sekitar masjidil haram ini banyak banget burung merpati bahasa arab nya “hamam makki (همام مكي)” yang artinya burung merpati dari mekah. Tapi tidak pernah ditemui kotoran nya disekitar pekarangan mesjid… waktu aku Tanya ke hubby “kok bisa?.. jawab hubby karena mereka pake diapers.. wakakak…. Kalau lagi berada di Mekkah, hindari banget membunuh binatang apapun, apalagi sampe menyemblih dan dimakan, kecuali binatang untuk kurban, karena mereka dilindungi oleh Allah. Jadi mungkin karena mereka itu dilindungi Allah, jadi Mereka pun ikut menjaga kebersihan rumah Allah.
Tanggal 30 Juli kita meninggalkan Mekkah menuju Madinah dan Melewati kota Jeddah. Ini tugu memasuki dan meninggalkan kota mekkah, Lehar Al-Qur’an.


Keajaiban Medan Magnet di Madinah

Ada sebuah wilayah di utara Madinah yang merupakan tempat wisata warga sekitar, letaknya di balik Gunung Uhud, sekitar 25 kilometer utara pusat kota Madinah. Jalan raya di sana menuju kuldesak, jalan buntu. Banyak warga camping di sini. Jangan dibayangkan sama seperti di Indonesia, di mana tempat perkemahan biasanya merupakan lahan hijau nan penuh rumput dan pepohonan. Di utara Madinah ini, lahan tempat campingnya adalah sebuah tanah lapang tandus, padang pasir, dengan pohon dan semak sesekali dikelilingi oleh bukit batu. Daerah ini berada di luar batas tanah haram.

Warga Madinah yang ingin melakukan perkemahan atau sekadar jalan-jalan biasanya membawa tenda sendiri dan berkendaraan pribadi. Mereka juga membawa makanan sendiri. Persis tradisi rakyat Indonesia di era tahun 1970-an yang sering melakukan piknic di pinggir jalan dengan beralaskan tikar dan makan-makan seadanya, duduk bersama di bawah pohon.

Wilayah ini termasuk wilayah tersubur di Madinah, selain di Quba. Jalannya berkelak-kelok, berbeda dengan jalan-jalan raya kebanyakan di sini yang lurus-lurus. Yang tumbuh ditanahnya juga kurma terbaik di Jazirah Arab, kurma Nabi atau Kurma Ajwa. Dinamakan demikian karena diyakini pohon kurma tersebut dahulu langsung ditanam Rasulullah SAW. DI masa dahulu, wilayah ini merupakan tempat uzlah atau menyepi bagi mereka yang tengah berselisih pendapat agar bisa mendapat ketenangan.

Namun, yang membuat wilayah ini terkenal ke seantero jagad bukanlah karena wilayah yang disebut sebagai perkampungan putih (Mantheqa Baidha) ini dijadikan tempat wisata, melainkan keajaiban alamnya yang hanya ada di segelintir tempat di dunia. Banyak orang percaya bahwa di daerah ini terdapat sebuah medan magnetik yang sangat kuat dan besar.

Fenomena alam yang luar biasa ini bisa dirasakan sepanjang lima kilometer ruas jalan dari ujung aspal sampai pintu masuk ke daerah ini. Jalan ini sendiri berakhir di lima deret bukit yang mengelilingi wilayah tersebut. Jalannya turun naik. Namun kendaraan yang menuju perbukitan jalannya hanya bisa pelan, seolah ada yang menahan. Sebaliknya, dari arah perbukitan, walau jalannya tidak menurun tetapi turun naik, semua kendaraan akan berjalan dengan cepat bahkan bisa sampai 120km/jam walau persneling dibebaskan. Bahkan kendaraan dimatikan pun akan tetap melaju sekencang itu.

Ini tentu bukan isapan jempol. Beberapa jamaah Indonesia sempat membuktikan cerita itu. Eramuslim sendiri mencoba untuk mengetes apakah memang ada medan magnet atau sekadar tipuan mata. Dengan sebuah bus besar, rombongan kami melalui daerah ini. Sesaat menjelang masuk ke wilayah yang dikatakan ada medan magnetiknya, guide Kami menyerukan agar handphone yang ada segera dimatikan untuk menghindari hilangnya data. Semua penumpang mengeluarkan ponselnya dan mematikan. Kecuali ponsel milik Eramuslim. Kami ingin mengecek benar tidaknya himbauan guide kami tersebut.

Sesaat kemudian, guide kami berseru, “Inilah saatnya…”. TIba-tiba bus besar yang kami tumpangi memposisikan free pada roda gigi busnya…dan bus pun berhenti. Tak sampai beberapa detik, bus yang tadinya berhenti dan masih di free roda giginya tiba-tiba bergerak perlahan. Kian lama kian kencang. Hingga ajaib, kendaraan yang Kami tumpangi melaju dengan kecepatan 90 kilometer per jam sejauh tiga kilometer!

Sang pemandu perjalanan Kami mencoba menerangkan fenomena unik. Dia mengatakan bahwa kemungkinan besar bukit-bukit yang ada di sekitar mengandung magnet yang kuat, sehingga bisa menarik tiap logam ke arahnya.

Kami pun mengecek ponsel yang tidak Kami matikan. Ternyata benar. Ponsel Kami tidak bekerja dan bahkan banyak data hilang di dalamnya. Kami jelas sedih, tapi rasa takjubnya jauh lebih besar. Subhanallah… Allahu Akbar! Kami telah membuktikannya. Dan bagi siapa saja yang pergi haji atau umroh dan melalui wilayah ini, segera matikan ponsel Anda dan bersiap menikmati pengalaman yang tidak terlupakan. Jangan lupa, matikan ponsel Anda, atau data-data di dalam ponsel akan banyak yang hilang….

Kian Besar Kian Cepat

Menurut warga sekitar, kecepatan kendaraan yang bisa ditarik oleh medan magnet di wilayah ini bisa berbeda-beda. Semakin besar dan berat kendaraan yang melintas, maka akan semakin cepat magnet menariknya hingga bisa sampai 120 kilometer perjam sejauh lima kilometer! Sudah banyak yang membuktikan hal tersebut. Ada sejumlah orang yang datang dengan kendaraan berbeda dan membuktikannya.

Bukit Gravitasi

Tidak banyak tempat di seluruh dunia yang memiliki medan magnetic seperti di Madinah ini. Tempat serupa ada di Korea Selatan, Yunani, Australia, timur Amerika, dan juga di sekitar Gunung Kelud, Jawa Timur. Hanya saja, kekuatan magnet di daerah-daerah tersebut tidaklah sekuat yang ada di Madinah.

Siapa pun bisa mengalami hal ini dengan mengunjungi langsung wilayah tersebut. Namun bagi yang belum bisa merasakan sendiri, silakan menonton fenomena unik ini dengan mengklik situs youtube dengan menulis ‘Gravity Hills’ atau ‘Magnetic Hills’ di kolom pencariannya. Yang jelas, keajaiban ini seharusnya mampu menambah kecintaan kita kepada Allah SWT, yang telah menciptakan alam semesta seisinya dengan kesempurnaan yang tiada cela sedikit pun.(m)

THAILAND

Thailand juga memiliki berbagai kota dan propinsi yang unik lainnya, seperti:

§ Hua Hin (di propinsi Prachuap Khiri Khan)

Di sinilah Keluarga Kerajaan bermukim, di istana musim panas Klai Kangwon.

Sebagai tempat resor kelas satu, tentunya banyak aktivitas yang bisa kita nikmati di sini, seperti:

- Berkuda di sepanjang pantai

- Menikmati salah satu resor spa terbaik dunia menurut majalah Conde Nast Traveller, Chiva Som, yang selain memberi kebugaran juga mengajarkan cara hidup dan makanan yang sehat. Banyak selebriti dunia yang pernah menikmati kemewahan ini.

- Menikmati olahraga pantai, berjalan-jalan di alam, atau bersantai di pasar malam kota yang masih memelihara kecantikan dunia lama.

§ Pattaya (propinsi Chon Buri - www.pattaya.go.th)

Pattaya merupakan kota pesta yang terkenal di seluruh dunia. Utara Pattaya lebih tenang dan cocok untuk rileks, berenang dan olahraga air. Sedangkan Selatan Pattaya selalu ramai dengan wisatawan mancanegara yang menikmati kehidupan malam. Beberapa tempat atraksi yang menarik:

- Terbang dengan balon (www.thaiballoons.com)

- Pertunjukan kabaret Alcazar dan Tiffany, yang menghibur

- Berolah raga pantai, seperti di Pantai Jomtien, Coral Island (Ko Larn), Ko Sak dan Ko Phai.

- Si Racha Tiger Zoo

- Ripley’s Believe it or Not

- Mini Siam (www.minisiam.net)
Aneka miniatur bangunan bersejarah dunia dalam skala yang akurat.

- Pagelaran budaya Alangkarn

- Three Kingdoms Theme Park (Sam Kok)

- Nong Nooch Garden, dengan pertunjukan budaya setiap hari

- Bottle Art museum (www.bottlemuseum.com)

- Sanctuary of Truth
Kuil kayu berukir yang megah ini berdampingan dengan pertunjukan ikan lumba-lumba, di mana pengunjung bisa berenang bersama ikan yang ramah ini.

- Wat Khao Cheejan, ukiran Buddha di gunung dengan laser.

- Million year stone park & Pattaya Crocodile farm

- Taman bermain dan taman air Pattaya Park

- Underwater world

Beberapa tempat makan yang seru:

- Pattaya Park Tower, restoran berputar dengan pemandangan kota Pattaya. Web: www.pattayapark.com

- Mantra Restaurant and Bar, menyediakan citarasa Asia dan Mediterania kelas satu dengan suasana menawan. Web: www.mantra-pattaya.com

§ Propinsi Kanchanaburi
Propinsi yang berbatasan dengan
Myanmar ini penuh dengan keindahan alam, namun satu peninggalan dari Perang Dunia II-lah yang menempatkannya di peta dunia yaitu jalur kereta api yang diabadikan dalam film The Bridge over the River Kwai. Setiap Desember, digelar pesta dengan tata suara dan cahaya meriah yang mencerminkan sejarah tempat ini. Di sini, Anda juga dapat menginap di hotel terapung Floatel, yang pasti memberi kenangan tersendiri.

Di sini juga terdapat Tiger Temple, di mana para biksu memelihara macan-macan yang terlantar, disamping hewan-hewan lainnya.

§ Propinsi Ayutthaya
Pada tahun 1350 – 1767,
Ayutthaya adalah ibukota dan pusat budaya kerajaan Siam, sebelum dijarah oleh Burma. Peninggalannya kini menjadi taman sejarah dan dinyatakan sebagai World Heritage Site oleh UNESCO. Konon, di bawah reruntuhan masih banyak benda berharga seperti emas permata yang terkubur oleh sejarah. Salah satunya di Wat Phra Mahathat, tempat ditemukannya Buddha emas, perhiasan dan regalia kerajaan (Kini dapat dilihat di Bangkok National Museum). Dengan situs sejarah yang sangat kaya, para pecinta fotografi akan mendapat banyak obyek yang sangat menawan di sini.

Tempat menarik:

  • Istana Musim Panas Bang Pa-In yang sangat cantik.
  • Royal Folk Arts & Crafts Centre di Bang Sai, tempat pengrajin membuat boneka miniatur, bunga buatan, keranjang, tenunan, dan ukir-ukiran.
  • Ayutthaya Historical Park

§ Propinsi Rayong
Inilah propinsi buah! Di Rayong terdapat beberapa taman buah, salah satu yang paling populer adalah Suppatra Land, di mana Anda dapat sepuasnya menikmati buah khas Thailand seperti durian Monthong, mangga Thailand, rambutan, buah naga dan sebagainya.
Selain itu, Ko Samet juga merupakan sebuah pulau yang terkenal bagi mereka yang menyukai suasana pulau yang asri dan tenang. Pantai-pantainya berpasir putih dan jernih, dilengkapi bebatuan berbentuk unik, tepat untuk bersantai melepas lelah.

§ Propinsi Trat & Ko Chang
Seperti propinsi Chantaburi, Trat juga memiliki perdagangan permata yang aktif. Di sini pula terdapat Ko Chang, sebuah pulau cagar alam yang terdiri dari 52 pulau. Pulau ini penuh dengan hutan pekat dan pegunungan curam, sangat ideal untuk trekking dan bersepeda gunung. Ko Chang adalah tempat bagi mereka yang menginginkan kemewahan Phuket namun

§ Propinsi Cha Choeng Sao
Area ini ada di dekat bandara Suvarnabhumi, dan merupakan wilayah yang masih asli.
Yang dilihat antara lain:
- kuil Wat Sothon Wararam,
- berlayar di sungai Bang Pakong (sungai Naga), melihat kehidupan asli
masyarakat Thai di rumah terapungnya.
- Melihat pasar tradisional Baan Mai Market yang sudah berusia 100 tahun
- Melihat “Wat Chin Pracha Samoson” (Wat Leng Hok Yi). Kuil ala Cina dengan
Patung Dewa Keberuntungan, yang konon sangat manjur memberi keberuntungan.
- Mengunjungi kuil kelelawar, Wat Pho Bang Khla. Ribuan kelelawar tidur di sini,
dan setiap senja berombongan menuju gunung cari makan, untuk kembali lagi saat
subuh.
- Mengunjungi kebun durian dan mangga

§ Tempat makan:

o Baan Pa Noo Restaurant, restoran kesukaan putri Raja.
Cobalah kung samrod (udang pancet besar), pla kuea tew (ikan dragon fish), dan kao tan (crackers).

o Tung Seng Jua Shop, toko kue yang memenangkan 'post-modern Chinese architecture'.


Tidak ada komentar:

 
;